Astaga, Ini Sederet Temuan Pansus Haji Soal Kisruh Penyelenggaraan Ibadah haji 2024, Ternyata...

Potret ilustrasi
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Proses perjalanan Pansus Haji untuk menyelidiki beragai persoalan yang timbul di musim haji 2024 yang kurang maksimal terus berjalan dan kian memanas.

Rieke Pasang Badan, Terdakwa Kasus Landak I Nyoman Sukena Auto Bebas dari Penjara

Pasalnya, Selain menggelar rapat, Pansus Haji juga sempat melakukan inspeksi mendadak alias sidak ke Kantor Kemenag pada Rabu 4 September lalu.p

Hasilnya, pansus haji bentukan DPR itu menemukan sederet dugaan penyalahgunaan kewenangan Kementerian Agama dalam penyelenggaraan ibadah haji 2024.

Heboh Disebut Mangkir Dua Kali Rapat Pansus Haji, Ini Kata Menag Yaqut, Saya Belum Terima, Kok Bisa?

Terkait hal tersebut, Anggota Pansus Hak Angket Haji, Wisnu Wijaya, mengatakan, temuan itu berdasarkan hasil pemeriksaan saksi-saksi.

"Salah temuan yang cukup mencengangkan adalah calon jemaah haji khusus berangkat tanpa antre tak hanya itu, pansus Haji menemukan sebanyak 3.500 jemaah haji khusus berangkat dengan masa tunggu 0 tahun," kata Wisnu dalam dalam keterangan persnya Selasa 10 September 2024, seperti dikutip Tempo.

Gawat! Gegara Dua Kali Mangkir, Yaqut Cholil Qoumas Terancam Dijemput Paksa Pansus Haji?

Bahkan kata Wisnu, Pansus Haji juga menemukan adanya dugaan manipulasi data di Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) yang membuat jadwal keberangkatan jemaah tidak sesuai dengan ketentuan.

"Ada yang dimajukan lebih awal dan ada yang diundur sehingga memunculkan kecurigaan adanya transaksi di luar prosedur resmi di sini," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title