Lawan Mafia Hukum! FHUP Gembleng Warga Desa Jadi Paralegal Berbasis Pancasila

Aksi pengmas FHUP cetak paralegal
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Puluhan warga desa di kawasan Anyer, Kecamatan Cinangka, Provinsi Banten mendapat pelatihan dan legalisasi menjadi paralegal oleh Fakultas Hukum Universitas Pancasila (FHUP).  

Dukung Indonesia Emas, Sivitas Universitas Pancasila Bekali Guru Desa Pemahaman Digital

Hal ini dilakukan sebagai peningkatan pengetahuan dan juga penanganan hukum pada masyarakat. Adapun pelatihan paralegal tersebut merupakan bagian dari progam pengabdian masyarakat FHUP.

Adapun program yang dijalankan ini berupa edukasi dan pelatihan keterampilan hukum, seperti soal kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), pekerja migran, permasalahan tanah, dan perdata lainnya. 

Berkunjung ke Rumah Dedi Mulyadi, Saka Tatal Disuruh Kuliah Ambil Fakultas Hukum Biar Jadi Pengacara

Dekan FHUP Prof Eddy Pratomo mengungkapkan, bahwa program pelatihan yang dilakukan sejumlah mahasiswa dan dosen Fakultas Hukum Universitas Pancasila ini telah berlangsung sejak tahun 2013. 

"Ini semuanya dalam rangka bagaimana kita melakukan pembinaan kepada masyarakat dalam aspek hukum. Kita bentuklah yang namanya paralegal, ada 40-an kira-kira (warga yang terlibat) dalam pembinaan ini," katanya pada Kamis, 18 Juli 2024. 

Jurus Jitu Pakar Ekonomi Universitas Pancasila Siasati Dampak Positif Emisi Karbon di Indonesia

Prof Eddy menyebut, ada beberapa hal yang menjadi fokus pelatihan terkait pendampingan dan sosialisai hukum, itu meliputi hukum KDRT hingga perdata.

"Lalu bagaimana pekerja migran yang diuruskan di luar negeri dari asal, dari kecamatan sini atau provinsi sini ya, dan kita memberikan pembekalan materi dari waktu secara kontinue," jelasnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title