Wali Kota Depok Mohammad Idris Imbau Pembagian Daging Kurban Tanpa Plastik untuk Kurangi Sampah

Pembagian Daging Kurban Tanpa Menggunakan Plastik
Sumber :
  • Dok. Diskominfo Depok

Siap – Guna mengurangi sampah plastik, jelang peringatan Idul Adha 1442 H, Wali Kota Depok Mohammad Idris menghimbau kepada masyarakat Kota Depok membagikan hewan kurban tidak menggunakan plastik.

Isu Liar Soal Netralitas Jelang Pilkada Makin Marak, IBH: Kalau Merasa ASN Harusnya Paham!!

Himbauan tersebut tertuang dalam surat edaran (SE) Wali Kota Depok Mohammad Idris, himbauan dilakukan guna mengurangi meningkatnya sampah plastik dan pencemaran sampah plastik.


"Kami mengeluarkan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa plastik. Hal itu dilakukan untuk meningkatnya timbulnya sampah plastik dan pencemaran lingkungan," kata dia di Depok, Sabtu.

Dirinya menghimbau  kepada panitia hewan kurban untuk pembagian daging kurban menggunakan wadah berbahan selain plastik sehingga mudah dikelola sampahnya.

"Demi menjaga dan mengantisipasi lonjakan jumlah timbulnya sampah plastik. Tentu penanganan sampah guna mengurangi timbunan sampah ke TPA Cipayung," ujar Walikota Depok.

Mohammad Idris juga mengatakan isi SE Idul Adha 1445 Hijriah yaitu menghimbau dan mengajak panitia pembagian daging kurban untuk tidak menggunakan kantong plastik dan masyarakat untuk membawa wadah sendiri yang dapat dipakai ulang untuk mewadahi pembagian daging kurban.

"Pengganti kantong plastik untuk wadah daging kurban bisa pakai daun seperti daun pisang daun jati, wadah anyaman bambu atau besek," ujar Wali Kota Depok.

Selain itu, menyediakan satuan tugas khusus di lapangan yang menangani sampah sekaligus sebagai tenaga kampanye dan edukasi publik dalam pengurangan sampah plastik.

Terpopuler: Heboh Video Mesum Ibu Muda Bertato dengan Anak Balita, Walkot Depok Terancam Dipidanakan