Manado Gelap Gulita Akibat Letusan Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

Potret ilustrasi letusan Gunung Ruang
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Kota Manado gelap gulita ketika Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) meletus pada Selasa 30 April 2024.

Gunung Ruang Erupsi PVMBG Jelaskan Potensi Tsunami Bisa Terjadi Dikarnakan Adanya Ini

Bahkan, akibat dampak dari letusan Gunung Ruang tersebut, operasional bandara internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara sampai dengan pukul 12.00 Wita.

Humas Bandara Sam Ratulangi Manado, Yanti Pramono menyebutkan bahwa berdasarkan hasil pengamatan aktivitas abu vulkanik gunung ruang dan demi menjaga keselamatan serta kemananan penerbangan, bandara ditutup sementara.

Berstatus Tanggap Darurat Pasca Gunung Ruang Erupsi BNPB Segera Evakuasi Belasan Ribu Warga

"Demi menjaga aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional bandara Internasional Sam Ratulangi Manado ditutup sementara sampai dengan Selasa 30 April 2024 pukul 12.00 Wita," ujarnya seperti dikutip Selasa 30 April 2024.

Seperti diketahui, Gunung Ruang pertama kali erupsi pada Selasa (16/4) malam.

Ngeri, Ini Penjelasan PVMBG Soal Meletusnya Gunung Ruang di Sulut

Sekira seminggu terhenti, Gunungapi stratovolcano Tipe-A dengan ketinggian 725 meter di atas pemukaan laut ini kembali erupsi pada Selasa (30/4).

Saat ini, Gunung Ruang berada pada Status Level IV (Awas), masyarakat di sekitar Gunung ruang dan pengunjung atau wisatawan agar tetap waspada dan tidak memasuki wilayah radius 6 km dari pusat kawah aktif Gunung Ruang.

Halaman Selanjutnya
img_title