Berstatus Tanggap Darurat Pasca Gunung Ruang Erupsi BNPB Segera Evakuasi Belasan Ribu Warga

Gunung Ruang Erupsi BNPB Segera Evakuasi Belasan Ribu Warga
Sumber :
  • istimewa

SiapGunung Ruang di Kabupaten Sitaro, Sulawesi Utara kembali erupsi pada hari ini sejak dini hari. Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebut akan mengevakuasi 11.000 hingga 12.000 jiwa ke tempat aman.

Gunung Ruang Erupsi PVMBG Jelaskan Potensi Tsunami Bisa Terjadi Dikarnakan Adanya Ini

Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menjelaskan pihaknya telah mengestimasi warga yang harus segera di evakuasi.

"BNPB sudah mengestimasi populasi penduduk yang harus kita evakuasi, yaitu lebih kurang 11.000 hingga 12.000 jiwa," ujar Abdul Muhari dikutip dari channel Youtube BNPB, Selasa (30/4/2024).

Ngeri, Ini Penjelasan PVMBG Soal Meletusnya Gunung Ruang di Sulut

Muhari juga menjelaskan, pihak terkait seperti BNPB, BPBD Provinsi Sulawesi Utara, TNI-Polri, BPBD Provinsi Minahasa Utara dan Sitaro telah menggelar rapat koordinasi.

Berdasarkan hasil rapat tersebut, kata Muhari, disepakati beberapa hal. Diantaranya adalah status tanggap darurat yang akan diperpanjang sampai 13 Mei 2024.

Manado Gelap Gulita Akibat Letusan Gunung Ruang, Bandara Sam Ratulangi Ditutup Sementara

"Status tanggap darurat yang sebelumnya berakhir kemarin 29 April itu, diperpanjang 14 hari mulai 30 April-13 Mei 2024," jelasnya.

Selain itu, Muhari menjelaskan masyarakat yang menempati Pulau Ruang juga akan dievakuasi ke Kota Manado. Tercatat setidaknya ada sebanyak 834 jiwa yang akan dievakuasi.

Halaman Selanjutnya
img_title