Ngeri, Ini Penjelasan PVMBG Soal Meletusnya Gunung Ruang di Sulut

Potret ilustrasi Gunung meletus
Sumber :
  • Istimewa

SiapGunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro Sulawesi Utara (Sulut) meletus pada Selasa 30 April 2024 pukul 01:15 Wita, letusan tersebut merupakan yang kedua kali setelah terjadi pada 16 April 2024 pukul 21:45 Wita.

Heboh Soal Informasi Ada Tsunami di Sumatera di Medsos, Begini Penjelasan BMKG

Terkait hal tersebut, Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Hendra Gunawan menyebutkan bahwa letusan Gunung Ruang yang terjadi Selasa dini hari tadi tidak terjadi tiba tiba.

Karena kata Hendra, sebelumnya sudah terjadi peningkatan jumlah gempa vulkanik secara eksponensial selama dua hari terakhir sebelum gunung tersebut kembali meletus.

Gunung Ruang Erupsi PVMBG Jelaskan Potensi Tsunami Bisa Terjadi Dikarnakan Adanya Ini

"Sudah tidak terjadi erupsi gemuruh berdasarkan pemantauan tim PVMBG di lapangan pada Selasa pukul 10.00 Wita yang dibarengi dengan mulai munculnya asap putih tebal sehingga status (Gunung Ruang) dinaikkan," ujar Hendra seperti dikutip Selasa 30 April 2024.

Lebih lanjut Hendra mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap Gunung Ruang 22-30 April 2024.

Berstatus Tanggap Darurat Pasca Gunung Ruang Erupsi BNPB Segera Evakuasi Belasan Ribu Warga

Dari hasil pemantauan menunjukkan bahwa pengamatan visual di gunung tersebut umumnya cerah, kabut, berawan hingga hujan, dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur, selatan, dan barat. Pascaerupsi paroksismal pada Rabu (17/4/2024).

Selain itu, aktivitas erupsi Gunung Ruang mengalami penurunan.

Halaman Selanjutnya
img_title