Demi Masuk Sekolah Negeri di Depok dengan Jalur PPDB, Orang Tua Siswa Ukur Jarak Secara Manual

Orang Tua Siswa bersama Relawan Mengukur Jarak Zonasi Secara Manual
Sumber :
  • Istimewa

Siap –  Kejadian memilukan menimpa seorang siswa miskin di Depok yang tidak lolos Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMAN 4 Depok. Orang tua siswa tersebut merasa kecewa dan terpaksa mengukur manual jarak rumah mereka ke sekolah dalam upaya untuk memastikan keakuratan data.

Sistem zonasi yang diterapkan dalam PPDB tahun ini seharusnya memberikan kesempatan lebih besar bagi siswa yang tinggal dekat dengan sekolah untuk mendapatkan tempat belajar. Namun, kenyataan yang dihadapi keluarga ini berbanding terbalik dengan harapan mereka.

Carut Marut PPDB Depok: Dari Sulit Akses, hingga Lokasi Sekolah di Tengah Laut Seberang Benua

Dina Maria, 49 tahun, bersama relawan Dewan Kesejahteraan Rakyat melakukan pengukuran manual jarak dari SMAN 4 Kota Depok ke rumahnya di  RT 03/03 Kelurahan Sukatani, Kecamatan Tapos.

Orang Tua Siswa bersama Relawan Mengukur Jarak Zonasi

Photo :
  • Istimewa
Jadwal Pendaftaran PPDB Kota Depok 2024, Orang Tua Bisa Cek Disini


Setelah dilakukan pengukuran manual dari jarak antara rumah Dina dengan tembok belakang sekolah sekitar 120 meter. Sedangkan menggunakan aplikasi Google Maps jaraknya 280 meter.

Dina menceritakan, dirinya mendaftarkan anaknya secara online pada 3 Juni 2024 lalu. Namun, karena ada kendala di server, ia mencoba mendaftar lagi pada 7 Juni 2024

"Iya,  saya datang ke sekolahan bawa bukti DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), surat kematian (suami), KIS dan data pendukung lainnya," kata Dina, Kamis, 27 Juni 2024.