Mulai Diramaikan, 200 Ribu CASN Ditempatkan di IKN

Ibu Kota Negara (IKN).
Sumber :
  • VIVAnews/Fikri Halim

Siap – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PANRB) menyiapkan 600 formasi untuk rekrutmen Calon Aparatur Sipil Negara (CASN), 200 ribu di antaranya bakal ditempatkan di ibu kota nusantara (IKN).

Sekda Depok Supian Suri Ajak ASN Donor Darah Bentuk Kepedulian Sosial Bantu Penderita Thalasemia

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas mengatakan kebutuhan 600 ribu formasi untuk pemerintahan pusat itu berdasarkan perhitungan jumlah ASN yang pensiun sejak lima tahun lalu dan lima tahun yang akan datang.

"Dari 600 ribu itu ada 200 ribu ASN yang akan masuk ke IKN, jadi pas daftar langsung dia ngisi untuk akan ke IKN, jadi tidak akan lagi nanti nolak untuk IKN," kata Azwar Anas seperti dikutip, Rabu, 17 April 2024.

Sekda Kota Depok Ajak ASN Donor Darah Bantu Penderita Thalasemia, Berikut Penjelasannya?

Ia pun merencanakan bahwa perekrutan ASN untuk 600 ribu formasi itu bakal diperuntukkan bagi anak-anak muda yang baru lulus pendidikan.

Menurutnya, persyaratannya pun sangat ketat karena pihaknya membutuhkan sumber daya manusia yang memiliki keahlian multi tasking.

Plintat Plintut Omongan Wali Kota Depok: Saya Kan Bukan PNS, Saya PKS

Sejauh ini, pemindahan ASN ke IKN bakal menyesuaikan ketersediaan hunian dan infrastruktur yang ada di IKN. Menurutnya, pada tahap awal akan ada sekitar 11 ribu ASN yang dipindahkan ke IKN.

"Ini adalah ASN sektor pusat, formasi khusus IKN 2024," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title