Indonesia Menempati Urutan Tertinggi Kasus Pneumonia di Asia Tenggara, Ini Solusi Peneliti FFUP

Peneliti FFUP Sondang Khairani (kebaya merah) soal isu pneumonia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kasus peradangan paru atau pneumonia di Indonesia, merupakan salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara. Hal itu terungkap dalam sidang disertasi seorang peneliti dari Fakultas Farmasi Universitas Pancasila (FFUP), Sondang Khairani

Menguak Rekam Jejak Prof Marsudi, Rektor Baru UP yang Ternyata Guru Besar IT Pertama di Indonesia

Dalam sidang disertasi itu, Sondang mengangkat tema Optimalisasi Metode Evaluasi Penggunaan, Mutu, Biaya Antibiotik pada Pasien Pneumonia di Rumah Sakit. 

Ia dapat mempertahankan disertasinya dihadapan sejumlah penguji guru besar FFUP, yakni Prof Yusi Anggriani, Prof Shirly Kumala,Sahat Saragi, dan Woro Rukmi dari FK UGM.

Terpilih Jadi Rektor UP, Prof Marsudi: Innalillahi Wa Innalilahi Rojiun

"Penyakit yang diangkat adalah pneumonia, karena berdasarkan data riskesdas terdapat peningkatan mortalitas, dan kasus pneumonia di Indonesia merupakan salah satu yang tertinggi di Asia Tenggara," katanya dikutip dari keterangan tertulis yang diterima pada Selasa, 5 Maret 2024.

Sondang menjelaskan, pengobatan utama pneumonia adalah antibiotik. 

Gelar Pekan Kuliah Umum, Fakultas Hukum Universitas Pancasila Hadirkan Prof Mahfud MD

"Dengan demikian, penelitian mengamati kuantitas penggunaan antibiotik, mutu serta biaya yang dilakukan di empat rumah sakit dengan dua provinsi berbeda, yaitu di NTB dan di Jakarta," ujarnya.  

Sondang mengungkapkan, hasil penelitian yang didapatkan dari karakteristik pasien, diperoleh hasil yang sama dengan karakteristik pasien pneumonia di Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title