Kaget Soal Rencana Cak Imin Bangun 40 Kota Selevel Jakarta, Mahfud MD: Apa Itu Bisa?

Potret Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Menanggapi soal rencana mega proyek membangun 40 Kota selevel Jakarta yang disampaikan oleh Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Cak Imin) jika terpilih dalam pemilu 2024 mendatang,

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

Mahfud MD mengaku kaget dengan hal tersebut. Pasalnya, kata Mahfud, proyek seperti Infrastruktur Kawasan Strategis Nasional (IKN) Nusantara, yang direncanakan puluhan tahun, baru mulai terealisasi dalam beberapa tahun terakhir.

"Saya agak kaget juga mau membangun 40 kota selevel Jakarta. Ya apa itu bisa dilaksanakan dalam 5 tahun masa jabatan, berapa kota dalam 5 tahun?"kata Mahfud MD dalam acara debat cawapres, Jumat 22 Desember 2023 malam.

Cak Imin Prihatin Liat Kondisi Tenda dan Fasilitas Calon Haji

"Ini IKN aja sudah puluhan tahun baru dilaksanakan, itu pun yang investasi baru dalam bentuk janji. Belum ada yang melaksanakan." sambungnya.

Lebih lanjut Mahfud mengatakan, dirinya mempertanyakan darimana, apakah pembiayaan akan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD), atau lembaga khusus. 

Makin Panas, Habiburokhman dan Mahfud MD Saling Serang Soal Kasus Vina Cirebon, Jangan Adu Asumsi

"Lalu juga soal pembiayaannya. Menurut Pak Muhaimin, kalau nanti untuk 40 kota itu, pembiayaannya itu APBN atau APBD ataukah lembaga khusus seperti tadi ditanyakan oleh panelis melalui moderator?" kata Mahfud.

"Ini perlu dijawab dulu agar semuanya tidak bersifat spekulatif," tandas Mahfud.