Memperoleh Nomor Urut 2 yang Memiliki Makna Mendalam Gestur Politik Gibran dan Prabowo Menuai Pujian

No urut capres cawapres
Sumber :
  • Tvonenews

Siap – Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar pengundian nomor urut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, yang dihadiri capres cawapres peserta pemilu 2024 yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Dituntut 5 Tahun Penjara, Eks Bupati Kutai Barat Ismail Thomas Kepergok Tidak Ditahan, Oh Ternyata

Dari hasil pengundian KPU, diputuskan nomor urut 1 pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar. Nomor urut 2 pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Lalu dengan Nomor urut 3 diperoleh pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Acara ini juga diwarnai oleh gestur politik yang sangat mencuri perhatian di tengah sorak-sorai yel-yel masing-masing pendukung. Terlihat Prabowo Subianto, Gibran Rakabuming Raka, diikuti Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep menghampiri kursi sejumlah elite PDI Perjuangan (PDIP) dan koalisi pengusung Ganjar-Mahfud, dan memberi penghormatan khusus.

Pede Tantang Petahana Depok, Elektabilitas Supian Suri Tembus 50 Persen

Gestur ini ditengarai untuk menurunkan tensi di antara kedua kubu, lantaran masing-masing kerap saling berseberangan di ruang publik, terutama setelah manuver Joko Widodo yang terkesan telah "meninggalkan" PDIP, dan pernyataan yang cukup keras dari sejumlah elite PDIP terhadap proses hukum di Mahkamah Konstitusi. 

Diketahui pada hari selasa, 14 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan nomor urut pilpres 2024 di gedung KPU.

Posisi Terjepit, PDIP Harus Jeli Menentukan Sosok di Pilgub Jakarta, GPMN: Kalau Salah Pilih Bisa..

Hasilnya, pasangan Prabowo-Gibran memperoleh nomor urut 2, mengawali langkah capres cawapres tersebut dalam kontestasi pilpres mendatang.

Ketika mendapatkan nomor urut tersebut, Prabowo dan Gibran langsung memberikan simbol peace. Simbol ini bisa dimaknai sebagai kedamaian. Pasangan tersebut juga memperlihatkan gestur tangan dengan simbol hati yang bermakna kasih sayang.

Halaman Selanjutnya
img_title