Menkominfo Singgung Kebijakan Pemkot Surabaya soal Internet, Berpotensi Mal Administrasi

Ilustrasi. Menkominfo sorot penggunaan Internet di ASEAN
Sumber :
  • SHUTTERSTOCK/VIZILLA

Siap – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Budi Arie Setiadi menyebut, bahwa kualitas layanan internet saat ini dinilai belum mampu menempatkan Indonesia untuk dapat bersaing dengan negara di kawasan ASEAN.

Eks Pimpinan KPK Duga Serangan Hacker Didalangi Bandar Judi Online, Ini Buktinya?

Menurutnya, salah satu yang membuat kualitas internet di Indonesia masih kalah bersaing dengan negara di kawasan ASEAN lantaran operator telekomunikasi kesulitan menggelar jaringan serat optik.

Bahkan, kata Menkominfo Budi Arie, saat ini operator telekomunikasi menghadapi tambahan beban sewa penggelaran jaringan yang dikenakan oleh beberapa Pemda.

Sandiaga Uno Dorong Rekomendasi Blokir Game Online Battle Royale ke Kominfo

"Pemda Surabaya contohnya, mereka mengenakan sewa lahan yang tergelar jaringan serat optik di bahu jalan," katanya dikutip pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Kemudian, dalam seminar bertajuk Pengelolaan Infrastruktur Telekomunikasi yang Menunjang Smart City dan Pelayanan Publik yang baru-baru ini dilakukan, anggota Ombudsman RI, Hery Susanto menyoroti potensi terjadinya mal administrasi pada kebijakan utilitas telekomunikasi di Kota Surabaya.

Pemkot Depok Biayai Kontrakan untuk Warga yang Rumahnya Terendam Banjir

Senada dengan Menkominfo, Hery juga mengatakan, bahwa langkah kebijakan yang dilakukan Pemda Surabaya yang mengenakan sewa atas pinggir jalan yang dipergunakan untuk penggelaran kabel telekomunikasi berpotensi menimbulkan mal administrasi.

"Kami melihat adanya potensi mal administrasi terhadap kebijakan pembangunan utilitasnya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title