Hubungan Prabowo dan Jokowi Mulai Retak, Saling Bongkar Kasus Besar?

Tumbnail video Jokowi dan Prabowo
Sumber :
  • turn

Siap – Hubungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan penerusnya, Prabowo Subianto belakangan tengah disorot di media sosial. Salah satunya beredar sebuah video dari channel youtube bernama Infotama News bernarasikan Jokowi dan Prabowo saling bongkar kasus besar di Republik Indonesia (RI).

Jalan Panjang Kasus Korupsi Proyek Gedung UPN Veteran Jakarta di Depok

Video yang beredar sejak 1 September 2024 itu bernarasikan bahwa koalisi pendukung Prabowo sudah pecah dengan Jokowi. Namun, tak disebutkan kasus korupsi apa yang dimaksud.

"GEMP4RR!! KOALISII SUDAH PEC4H, PRABOWO DAN J0KOWI SALING SER4NG! ~ BREAKING NEWS. BREAKING NEWS. JOKOWI DAN PRABOWO RETAK. KINI SALING BONGKAR KASUS BESAR RI," tulis narasi yang ada dalam tumbnail video tersebut seperti dikutip, Senin, 9 September 2024.

Ini Kronologi Dugaan Korupsi Technopark yang Seret Nama Aziz Mochdar, Nilainya Fantastis

Berdasarkan penelusuran Turn Back Hoaks (Mafindo), informasi tersebut adalah hoaks. Setelah dilakukan penelusuran, gambar thumbnail yang ditampilkan dalam video tersebut merupakan hasil manipulasi dari gabungan beberapa gambar berbeda.

Beberapa cuplikan video yang ditampilkan juga tidak mendukung klaim narasi. Narator dalam video hanya membacakan ulang artikel dari rmol.id berjudul “Kemesraan Jokowi dan Prabowo Kini Sudah Retak”.

Update Kasus Cuci Rapor SMPN 19 Depok, Jaksa Panggil 11 Wali Kelas, Ini Daftarnya

Artikel ini membahas tentang indikasi keretakan hubungan Jokowi dan Prabowo yang terlihat dalam narasi politik yang dibangun Jokowi maupun Prabowo di kesempatan terpisah.

Selain itu, narator juga membacakan artikel lain dari rmol.id dengan judul “KPK Perlu Dalami Sumber Dana Jet Pribadi Kaesang Pangarep”.

Halaman Selanjutnya
img_title