Mencengangkan! Otorita Minta Tambahan Anggaran Rp 26 Triliun untuk Pelihara Bangunan di IKN

Ilustrasi bangunan Istana Garuda IKN
Sumber :
  • Istimewa

SiapOtorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) meminta mengusulkan tambahan anggaran sebesar Rp 26 triliun pada 2025 untuk pemeliharaan bangunan seperti gedung dan sejumlah sarana serta prasarana yang telah dibangun di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Nah, Lho! Viral di Media Sosial UU IKN Belum Disahkan, Indonesia Tak Punya Ibu Kota?

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Basuki Hadimuljono menyampaikan, seluruh bangunan gedung perkantoran di IKN serta sarana dan prasarana yang sebelumnya sudah dibangun menggunakan APBN akan dipelihara oleh OIKN dengan menggunakan dana yang diusulkan tersebut.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan, pemeliharaan mulai dari Istana dan Kantor Presiden dan Wakil Presiden, komplek perkantoran Kemenko, 47 Tower ASN, termasuk jalan dan air minum.

DPR Setujui Usulan Penambahan Anggaran IKN yang Diajukan Kementerian PUPR Sebesar Rp20,32 Triliun

"OIKN akan diserahin untuk memelihara, terutama bangunan bangunan yang sudah bangun tahun ini, jalan, air minum, kantor-kantor, hunian ASN yang 47 Tower ASN," kata Basuki seperti dikutip, Kamis, 22 Agustus 2024.

Basuki mengungkapkan, seluruh infrastruktur yang sudah dibangun menggunakan APBN oleh Kementerian PUPR nantinya akan diserahkan menjadi aset OIKN.

Ini Rincian Harta Kekayaan Menteri ESDM Bahlil Lahadalia

Saat ini progres pelaksanaan paket fisik IKN per 20 Agustus 2024 sebanyak 108 paket adalah 50,4 persen dengan rincian progres Batch 1 yaitu pada tahun sebelumnya sebanyak 40 paket dengan progres 91,4 persen, Batch 2 sebanyak 31 paket dengan progres 56,3 persen.

Lalu, Batch 3 sebanyak 37 paket dengan progres 14 persen yang digunakan untuk kegiatan, antara lain infrastruktur sumber daya air sebesar Rp 1,54 triliun di antaranya untuk Pengendalian Banjir Daerah Aliran Sungai (DAS) Sanggai 1A Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) dengan progres 100 persen. 

Halaman Selanjutnya
img_title