DJBC Kalbagbar Amankan Kapal KM Indo Sukses Bermuatan Rotan Diduga Ilegal

Kantor Wilayah (Kanwil) Bea Cukai Kalimantan Bagian Barat
Sumber :
  • Ngadri/Siap.viva.co.id

Siap – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Barat (Kalbagbar) berhasil mengamankan kapal motor KM Indo Sukses V130 yang diduga membawa muatan rotan ilegal.

Heboh Santri di Kubu Raya Diduga Dianiaya Dengan Rotan, Tubuh Lebam Biru

Kapal tersebut telah diamankan di pelabuhan Pontianak sejak beberapa hari yang lalu. Kepala Seksi Humas Bea Cukai Kalimantan Barat, Murtini, membenarkan adanya penegahan kontainer yang terkait dengan KM. Indo Sukses V130. Saat ini masih dalam proses dan akan di rilis setelah prosedur selesai.

“Kami hanya bisa mengkonfirmasi bahwa benar memang ada kontainer yang ditegah. Namun, belum dibuka karena masih menunggu eksportir dan PPJK (Pengusaha Pengurusan Jasa Kepabeanan) untuk hadir bersama-sama membukanya,” kata Murtini, pada Senin 12 Agustus 2024.

DJBC Kalbagbar Gagalkan Penyelundupan Ekspor Rotan ke China Senilai Rp 2,5 Miliar

Murtini menambahkan bahwa pembukaan kontainer harus mengikuti Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku.

"Saat ini, pemeriksaan masih dalam proses dan akan diumumkan hasilnya melalui rilis resmi setelah seluruh prosedur selesai dilakukan, " tambahnya.

Kisah Polisi Jujur nan Bersih dan Bandar Judi

Pihak Bea Cukai Kalimantan Barat belum memberikan keterangan lebih lanjut terkait dugaan pelanggaran dalam pengiriman rotan ini. Penyelidikan masih terus berlangsung untuk memastikan apakah ada pelanggaran hukum dalam kasus ini.