Bareskrim Polri Sita Ribuan Pakaian Bekas Ilegal di Bandung

Bareskrim Polri Sita 1.883 Bal Pakaian Bekas
Sumber :
  • Istimewa

SiapBareskrim Polri yang tergabung dalam Satgas Importasi Ilegal berhasil mengamankan 1.883 bal pakaian bekas atau balpress dari dua lokasi di Kota Bandung dan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat belum lama ini.

Bareskrim Polri Gerebek Rumah Pembuatan Uang Palsu di Jawa Barat, 8 Orang Ditangkap

Kepala Bareskrim Polri Komjen Wahyu Widada menjelaskan, masuknya barang-barang illegal tersebut dapat mengancam stabilitas ekonomi negara. Menurutnya dengan masuknya barang berupa pakaian bekas dari Cina, Korea dan Jepang tersebut dapat mengakibatkan multiplier effect.

‘’Masuknya pakaian bekas ini bisa merugikan dari sisi penerimaan negara, namun juga berdampak bagi para pengusaha industri dalam negeri dan UMKM. Bisa dibayangkan dengan harga baju yang kalau dijual eceran gini saja nilai impor satu piecess aja sudah berapa ribu. Tetapi bisa dijual dengan nilai yang sangat murah. Di mana kita bisa bersaing Multiplier efffect-nya banyak,’’jelas Wahyu Widada dikutip Rabu, 7 Agustus 2024.

Waduh, Aktif di Kasus Vina Cirebon, Reza Indragiri Disentil Mantan Karowassidik Polri, Ada Apa?

'‘Pabrik-pabrik garmen kita tutup, UMKM kita tidak bisa bersaing. Sementara kita menyadari bahwa UMKM adalah salah satu tulang punggung perekonomian kita,’’imbuhnya.

Wahyu menambahkan, Indonesia merupakan negara besar dan memiliki potensi menjadi sebuah negara dengan perekonomian yang sangat tinggi. Ia mengatakan, Presdien Joko Widodo dan Pemerintah bercita-cita visi Indonesia Emas Tahun 2045. Jikalau, barang-barang impor ilegal terus masuk ke Tanah Air bagaimana hal tersebut bisa tercapai.

Kerap Berkomentar dalam Kasus Vina Cirebon, Masa Lalu Susno Duadji Dikuliti, Ricky: Jangan Sok Suci!

"Karena syarat menjadi negara dominan adalah pertumbuhan ekonomi di atas 5 persen dan stabilitas keamanan dan ketertiban. Kalau barang-barang ini masuk terus, UMKM dan industri kita turun, makin banyak pengangguran. Dampaknya juga kepada stabilitas keamanan juga. Karena masalahnya akan lari dengan perut," tambahnya.

Lebih lanjut, Wahyu mengungkapkan, penyitaan tersebut bagian dari penegakan hukum dan menjadi komitmen Polri mendukung upaya yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan dan Satgas Importasi Ilegal untuk menyelesaikan permasalahan bersama.

Halaman Selanjutnya
img_title