Dalam Ajaran Islam Ada Tiga Macam Sumpah, Adakah Sumpah Pocong dan Sumpah Banyu Cis?

Ilustrasi sumpah dalam Islam
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Baru ini publik dihebohkan dengan sumpah banyu cis Cirebon. Pertama kali terungkap oleh pengacara Saka Tatal, Titin Prialianti yang menantang Iptu Rudiana untuk melakukan sumpah tersebut di Masjid Agung Sang Cipta Rasa Cirebon.

Geger, Dedi Mulyadi Blak blakan Soal Kasus Vina Hingga Para Pesaing di Pilgub Jabar

Menurut Titin, dampak sumpah banyu cis lebih berbahaya dari sumpah pocong. Sumpah banyu cis, kata Titin, untuk membuktikan bahwa Saka Tatal tidak berbohong soal kasus Vina Cirebon.

"Rudiana berani sumpah pocong karena dia meyakini yang meninggal anaknya," kata Titin seperti dikutip, Selasa, 6 Agustus 2024.

Menohok, Kasus Vina Tak Kunjung Tuntas, Reza Indragiri: Sampai Kapan Mabes Polri Mau Bungkam?

Lantas, apa saja jenis sumpah yang ada dalam ajaran Islam?

Dikutip dari akun Muhammadiyah, dalam bahasa Arab sumpah itu disebut al yamin atau al hilf yakni kata-kata yang diucapkan dengan menggunakan nama Allah atau sifat-Nya untuk memperkuat suatu hal.

Diskakmat Kuasa Hukum Saka Tatal dengan Sebutan Khayalan Tingkat Tinggi, Elza Syarief Ngamuk

Anggota Majelis Tabligh PP Muhammadiyah Syamsul Hidayat mengatakan bahwa syarat-syarat sumpah terdiri dari berakal, baligh, Islam, bisa melaksanakannya, dan suka rela (tidak dipaksa).

"Karena sumpah menggunakan nama Allah jangan dibuat main-main. Sumpah itu harus serius mengucapkannya," kata Syamsul seperti dikutip, Rabu, 15 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title