BKSDA Kalbar Melepasliarkan 2 Orangutan ke Habitatnya di Danau Sentarum

Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Melepasliarkan Orangutan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Seksi Pengelolaan Taman Nasional Wilayah III Padua Mendalam, Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah II Kedamin, Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum (BBTNBKDS) melepasliarkan dua individu Orangutan (Pongo pygmaeus) di Sungai Jepala Lala, Sub DAS Mendalam di wilayah kerja Resort Nanga Hovat.

Bercengkerama dengan Satwa di Taman Nasional Way Kambas

Acara pelepasliaran ini dihadiri oleh para Stake Holder Lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu (Pengadilan Negeri), Tokoh Adat dan Perangkat Desa, Masyarakat Peduli Konservasi, Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Datah Dian, Kader konservasi, serta masyarakat yang berada di sekitar kawasan Taman Nasional Betung Kerihun.

Pelepasliaran ini merupakan tahapan ke 14 kalinya dilaksanakan semenjak tahun 2017, setelah sebelumnya berhasil melepasliarkan sejumlah 30 individu orangutan di kawasan Sub Das Mendalam Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum. Penentuan lokasi pelepasliaran setelah melalui kajian habitat ditinjau dari kesesuaian dengan preferensi habitat orangutan, baik dari segi pakan, ruang, sumber air dan tutupan hutan serta jauh dari lokasi pemukiman masyarakat.

Analisis Tajam Willy Smits Bongkar Fakta Mengejutkan Dampak Buruk IKN pada Alam dan Orangutan

Dua individu Orangutan (Pongo pygmaeus) yang dilepasliarkan ini merupakan satwa hasil penyelamatan Balai KSDA Kalbar dari masyarakat. Satu individu Orangutan berjenis kelamin betina di evakuasi dari masyarakat Kabupaten Mempawah pada tahun 2020. Sedangkan satu individu Orangutan lainnya berjenis kelamin jantan berasal dari Kabupaten Melawi.

Dalam rangka pemulihan kondisi dan sifat liarnya, kedua Orangutan telah menjalani proses rehabiltasi di Sekolah Hutan Tembak oleh Yayasan Penyelamatan Orangutan Sintang. Saat ini kedua Orangutan berusia 8 tahun.

Buka Jendela Ilmu, Lapas Cibinong Hadirkan Gerobak Pintar untuk Napi

Kepala BKSDA Kalbar, RM. Wiwied Widodo, menyampaikan pelepasliaran orangutan sangatlah panjang dan mahal. Namun begitu kami memastikan semua prosedur dari awal sampai pada saat pelepasliaran baik terkait dengan administrasi maupun terkait satwanya sendiri sudah memenuhi persyaratan dan sudah siap untuk dilepasliarkan.

‘’Apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam membantu upaya pelepasliaran kedua orangutan ini mulai dari penyelamatan, rehabilitasi sampai dengan pelepasliaran sehingga berjalan dengan lancar dan sesuai prosedur,’’jelas Wiwied dikutip pada Sabtu, 4 Agustus 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title