Kisah Misteri Ketika Bung Karno Gagal Dibunuh saat Salat Iduladha

Bung Karno
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Pada 14 Mei 1962, terjadi percobaan pembunuhan yang dilakukan oleh empat orang, Sanusi Firkat, Djajapermana, Kamil, dan Napdi terhadap sang proklamator Ir. Sukarno. 

Kesaksian Ketua RT saat Pegi Jadi Buronan Polisi, ke Luar Rumah Pakai Masker Ninja

Para pelaku merupakan anggota DI/TII dengan otak pembunuhan pimpinan pesantren di Bogor, H. Muhamad Bachrum.

Bung Besar lolos dari maut, namun dua anggota Detasemen Kawal Pribadi (DKP) presiden yakni Soedrajat dan Soesilo terluka. Korban lainnya yakni Ketua DPR Zainul Arifin yang saat itu berada di dekat Presiden pertama RI.

Ngeri, Polisi Beberkan Hasil Visum Kasus Vina Cirebon, Tersangka Pegi Terancam Hukuman Mati

Kala itu, Bung Karno sedang berbaris melaksanakan ibadah salat Iduladha di lapangan rumput antara Istana Negara dan Istana Merdeka.

Namun, pada barisan keempat, seseorang melepaskan tembakan ke arah Bung Karno yang saat itu sedang sujud. Tembakan itu meleset karena pelaku melihat dua orang yang mirip dengan Bung Karno.

Heboh Isi Chat Pegi soal Pembunuhan Vina Cirebon di Tahun 2016: Sumpah Kita Pusing

Peluru mengenai bahu Zainul Arifin dan dua anggota DKP. Keempat pelaku lalu dihukum mati dan H. Muhamad Bachrum di penjara seumur hidup.

Peristiwa tersebut mendorong Jenderal AH Nasution yang saat itu menjabat sebagai Menteri Pertahanan dan Keamanan Indonesia membentuk pasukan khsusus yang bertugas melindungi dan menjaga jiwa kepala negara dan keluarganya.

Halaman Selanjutnya
img_title