3000 Umat Islam di Depok Gelar Shalat Idul Adha di Depan Gereja Betel Indonesia

Wujud harmonisasi dan toleransi antar umat beragama
Sumber :
  • Istimewa

Siap –  Sebanyak 3000 Umat Islam di Kota Depok menunjukkan nilai-nilai toleransi dan kerukunan antar umat beragama dengan menggelar shalat Idul Adha di depan Gereja Betel Indonesia, Pancoran,Depok, Jawa Barat.

Kegiatan ini dihadiri oleh ratusan jamaah yang memadati area sekitar gereja, menandai perayaan Hari Raya Idul Adha dengan penuh khidmat dan kebersamaan.

Pelaksaan  Salat Ied pada Idul Adha 1445 Hijriah di Lapangan Kamboja milik Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein (LCC) atau di depan Gereja Bethel Indonesia Depok,  Kecamatan Pancoran Mas, Senin, 17 Juni 2024.

Sholat Ied dilaksasanakan bentuk ujud harmonisasi dan toleransi antar umat beragama, ribuan warga Depok melakssakan sholat Idul adha sudah selama 29 tahun dilaksanakan.

Berbagi Berkah Idul Adha, Dmall Tebar Sejumlah Hewan Kurban di Kota Depok

Sebanyak 3000 umat Islam di Kota Depok menunjukkan toleransi

Photo :
  • Amieamuy



Mayoritas jemaah yang salat di lapangan tersebut merupakan warga warga Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) dan warga sekitar Kota Depok tersebut.

Ketua DPD LDII Kota Depok Chairul Baihaqi mengungkapkan Salat Ied di Lapangan Kamboja atau di depan Gereja Bethel Indonesia bersama Pramuka dan Senkom Mitra Polri sudah diselenggarakan sejak 29 tahun silam.

"Untuk lapangan kami pinjam dari Yayasan Lembaga Cornelis Chastelein bekerjasama dengan Gereja Bethel bersama masyarakat sekitar sini yang kerjasamanya sudah terjalin hampir 29 tahun," ungkap Baihaqi usai salat.

Kata Baihaqi, sejatinya menjalankan sunah melaksanakan Salat Ied atau Salat Hari Raya pada tahun ini secara berjamaah dan dilaksanakan di lapangan terbuka.

"Ini juga merupakan bentuk kerjasama LDII dengan lintas sektor, terutama beberapa agama yang ad di sini, di sekitar lapangan ini, dengan agama Protestan, katolik dan beberapa gereja di wilayah sini sebagai wujud toleransi dan harmonisasi antar agama di Depok," terang Baihaqi.

Adanya agenda Salat Ied di Lapangan Kamboja, lanjut Baihaqi, menepis isu bahwa Depok Intoleran.

"Padahal kita di Depok sudah melakukan harmonisasi dan toleransi sudah lama," tegas Baihaqi.

Baihaqi yang memimpin DPD LDII Depok sejak Desember 2021 ini memaparkan, di Lapangan Kamboja ada 3 Pimpinan Cabang LDII yang hadir, yakni Pancoran Mas, Cilodong dan Sukmajaya.

"Jemaahnya sekitar 3.000-an bersama warga sekitar, sisanya dibagi di beberapa PC di 8 kecamatan lainnya, pelaksanannya juga di lapangan," papar Baihaqi.

Ia bersyukur pada Idul Adha 1445 Hijriah atau 2024, LDII telah menghimpun 202 ekor sapi dan 233 ekor kambing yang akan disembelih di rumah potong hewan (RPH) Cilodong.

"Tiap PC juga melaksanakan, bagi yang punya tempat, dipersilahkan menyembelih di tempat masing-masing," ucap Baihaqi.

Bertindak selaku Imam dan Khatib Imam Arbai yang dalam ceramahnya mengulas tentang sejarah Idul Adha.

"Kisah ini dapat dijadikan sebagai pelajaran dan keteladanan bahwa tirulah cara Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS yang begitu taat dan patuh pada perintah Allah SWT," kata Imam Arbai.


Idul Adha adalah momen untuk berbagi dan peduli terhadap sesama.Kegiatan ini bisa memperkuat tali silaturahmi dan memperkokoh rasa persaudaraan dan toleransi.

Transaksi Hewan Kurban di Depok Mencapai Rp 286 Miliar pada Iduladha 2024, Imam Budi: Berkah