BMKG Memprediksi Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Hingga 8 Maret Masyarakat Diimbau Waspada

BMKG Memprediksi Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Hingga 8 Maret
Sumber :
  • istimewa

Siap – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengunggah himbauan untuk mewaspadai adanya potensi cuaca ekstrem hingga 8 Maret 2024. Sejumlah wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat.

Breaking News: Gempa Mengguncang Bumi Maluku Senin Sore, Begini Kondisinya

Seperti dilansir dari akun sosial Instagram @infobmkg menuliskan sobat BMKG, apakah potensi hujan masih terjadi di awal Maret 2024?, berikut analisanya.

"Cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi hingga tanggal 8 Maret 2024 begini analisisnya." Dikutip siap.viva.co.id dari akun resmi Instagram BMKG @infobmkg.

Breaking News! Cianjur Kembali Diguncang Gempa Darat: Ya Allah Ngeri

Berdasarkan analisis dan pemantauan data cuaca yang dilakukan BMKG terkini, hujan dengan intensitas ringan hingga ekstrim masih terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Tercatat sejak tanggal 24 hingga 29 Februari 2024. Untuk intensitas curah hujan pada kategori ekstrim terjadi di wilayah Ibukota DKI Jakarta (Kelapa Gading), sedangkan hujan dengan intensitas sangat lebat terjadi di Kalimantan Tengah (Barito Utara), Sulawesi Tenggara (Kendari), dan Papua Tengah (Timika). 

Breaking News: Cianjur Diguncang Gempa Usai Magrib, Begini Kondisinya

Adapun pemicu cuaca ekstrim yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia dikarenakan adanya aktivitas gelombang Rossby Ekuatorial.

Aktivitas itu terjadi di selatan Pulau Jawa bagian barat dan peningkatan kecepatan angin di sekitar wilayah Kep. Bangka Belitung dan Selat Karimata, yang kemudian membentuk pola perlambatan, pertemuan, dan belokan angin di sekitar wilayah Jawa bagian barat.

Dari hasil analisis dinamika atmosfer terkini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memonitor bahwa kondisi cuaca ekstrim masih berpotensi hingga tanggal 8 Maret 2024 mendatang yang dipicu oleh.

Adanya kondisi aktivitas Madden Jullian Oscillation (MJO) yang saat ini memasuki fase 3 (Samudra Hindia bagian timur), dan diprediksi akan memasuki wilayah Indonesia dimulai dari bagian barat dan bergerak ke timur.

Berikut daftar wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat atau cuaca ekstrem hingga 8 Maret 2024, antara lain

Periode 1-4 Maret 2024:

- Aceh

- Sumatera Utara

Halaman Selanjutnya
img_title