MK Hapus PT 4 persen, Mahfud: Partai yang Dapat 2 persen Jangan Ngimpi Masuk

Potret Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Putusan Mahkamah Konstitusi (MK) menghapus ketentuan parliamentary threshold (PT) atau ambang batas parlemen empat persen suara sah nasional baru diterapkan pada Pemilu 2029.

Heboh Surat Megawati untuk Hakim MK Jelang Putusan Sengketa Pilpres, Begini Bunyinya

Hal tersebut tak ayal mendapat pujian dari berbagai pihak, salah satunya cawapres nomor urut 03 Mahfud MD.

"Bagus. Memang harus begitu. Berlakunya itu harus di dalam tradisi hukum di seluruh dunia. Kalau ada perubahan aturan yang memberatkan atau menguntungkan seseorang harus pada periode berikutnya," kata Mahfud seperti dikutip kepada wartawan di Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat, 1 Maret 2024.

Emak-emak Diduga Pendukung 01 Lanjut Demo: Saudara-saudara Surgaku Mari Halal Bihalal di MK

Menurutnya, waktu pemberlakukan putusan MK itu sudah sesuai dengan tradisi hukum di dunia di mana perubahan aturan yang menguntungkan atau merugikan seseorang harus diberlakukan pada periode berikutnya.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu menambahkan putusan soal penghapusan ambang batas parlemen tidak bisa diterapkan di Pemilu 2024. 

Respons Santai Gibran Ketika Ditanya soal Empat Menteri Jokowi Penuhi Sidang MK

Sebab, kata Mahfud, ambang batas parlemen itu masih harus diputuskan oleh pembentuk undang-undang, yaitu pemerintah dan DPR.

"Kan disebut juga berlaku sebelum 2029, tapi yang 2024 berlaku (ketentuan) lama. Jangan bermimpi lah, yang dapat satu persen, dua persen lalu bisa masuk sekarang," ucap Mahfud menyindir.

Halaman Selanjutnya
img_title