Nah, Loh! KPU Akui Situs Webnya Terima Ratusan Juta Serangan Siber, Kecurangan Pemilu Terbongkar?

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengaku menerima serangan bertubi-tubi Denial of Service (DoS) terhadap situs lembaganya terkait Pemilu 2024.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Anggota KPU Betty Epsilon Idroos mengatakan serangan tersebut memengaruhi sistem dan bahkan jumlah serangan itu mencapai ratusan juta.

"Ada ratusan juta di DoS itu menyerang, saya tidak bilang puluhan, bukan satuan, tapi ratusan juta serangan ke situs web KPU luar biasa," kata Betty seperti dikutip, Kamis, 15 Februari 2024.

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

DoS merupakan jenis serangan yang dilakukan dengan cara membanjiri lalu lintas jaringan pada aplikasi pada server, sistem, atau situs web. 

Lazimnya serangan ini dilakukan untuk membuat lalu lintas server berjalan dengan beban yang berat sampai tidak bisa lagi menampung koneksi dari user lain (overload).

Pastikan Datang Penuhi Panggilan Polisi, Hasto Imbau Kader PDIP Tetap Tenang

Padahal, kata dia, situs we KPU memuat informasi dan data Pemilu 2024. Sementara itu, hasil pemilu ada di infopemilu.kpu.go.id.

"Hampir semua situs yang dimiliki KPU diserang dan memang di situs web kpu.go.id ini lumayan serangan terhadap situs web tersebut," katanya.

Halaman Selanjutnya
img_title