KPU Depok Mulai Masuk Tahapan Sortir Lipat Surat Suara Pilpres 2024

Ilustrasi surat suara.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Depok mulai melakukan persiapan Pilpres 2024 dengan tahapan sortir lipat surat suara.

Menelisik Jejak Ketua KPU Hasyim Asy'ari yang Dipecat Gegara Skandal Asmara, dari Hotel hingga....

Ketua KPU Kota Depok Willi Sumarlin mengatakan pihaknya melibatkan 300 petugas yang dibagi menjadi 2 shift di Gudang Logistik KPU Depok di NAS Warehouse, Jalan Raya Bogor KM 41,2 Kelurahan Pabuaran Mekar, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Willi menjelaskan untuk penyortiran dan pelipatan surat suara tahap pertama, KPU Depok membagi 2 shift, di mana per sift 150 petugas.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

"Totalnya ada 300 petugas dibagi 2 shift. Kalau idealnya (bekerja) 8 jam, dari pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB atau 17.00 WIB," kata Willi di Gudang Logistik KPU Depok, Rabu siang.

Demi menjaga keamanan saat tahapan sortir lipat surat suara, kata Willi, calon petugas yang mendaftar akan dicek dulu melalui sistem informasi partai politik (Sipol) KPU.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

"Apakah mereka terdaftar di sipol atau tidak, makanya tadibagak lambat, karena ada skrining sipol, kalau tidak ada di sipol baru boleh masuk," katanya.

Kemudian, petugas juga akan dicek bodi, baik datang maupun pulang, sehingga tidak boleh membawa hp karena tidak boleh mendokumentasikan surat suara, makan dan minuman.

Halaman Selanjutnya
img_title