Kementan Dorong Program Gernas Penanganan Dampak El Nino, Ini Targetnya!

Kementan soal peningkatan pangan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya keras melakukan pembenahan besar-besaran untuk meningkatkan produksi pangan strategis, utamanya padi dan jagung. 

Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

Adapun upaya itu di antaranya dengan penggunaan teknologi, pendampingan petani melalui penyuluh, mekanisasi pertanian, penggunaan benih unggul serta optimalisasi lahan. 

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, dalam satu tahun ini Kementan fokus meningkatkan produksi dan produktivitas, khususnya tanaman padi dan jagung.

Terungkap! SYL dan Keluarga Sekali Makan Siang Rp10 Juta, Termasuk Wine: Yang Bayar Kementan

“Kita tidak sendiri ada Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) bersama-sama dengan Babinsa untuk mendampingi para petani di lapangan," katanya dikutip pada Jumat, 15 Desember 2023.

Mentan Amran menjelaskan, masalah utama dalam penurunan produksi adalah pupuk, keterbatasan alsintan serta kesulitan benih. 

Modus SYL Manjain Biduan Nayunda, Bermula dari Kirim Stiker WA, Lanjut Apartemen hingga...

"2019-2022 swasembada kita raih 2 kali dan menurun karena hadirnya El Nino, tapi saat ini kita bersinergi untuk meraih kembali swasembada," tuturnya. 

Namun hal ini, tentunya menuntut peningkatan kinerja penyuluhan, pendidikan, dan pelatihan pertanian sebagai fungsi peningkatan kualitas dan kuantitas SDM pertanian melalui pendampingan efektif kepada pelaku usaha tani di lapangan.

Halaman Selanjutnya
img_title