Apa Kabar Demokrasi! Survei LSI Bongkar Potensi Kecurangan Pemilu yang Dilakukan Ganjar-Mahfud

Potret paslon Presiden Ganjar-Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang bertajuk "Debat Capres, Netralitas Pemilu, dan Elektabilitas" pada periode 3-5 Desember 2023, menghasilkan temuan mengejutkan terkait potensi kecurangan dalam Pemilu 2024.

Kantongi SK DPP PKB, Supian Suri Tegas Ingin Jadi Wali Kota Depok, Bukan Kelompok

 Menurut survei ini, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, dinilai paling potensial melakukan kecurangan dengan persentase mencapai 20,6 persen.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, menyampaikan hasil survei tersebut dalam konferensi pers virtual pada Minggu, 10 Desember 2023. 

Menohok, Ini Kata Ketum GPMN Soal Pernyataan Ganjar Terkait Ketertarikan PDIP ke Anies Baswedan

Djayadi menjelaskan bahwa menurut survei, persentase kecurangan terbesar setelah Ganjar-Mahfud adalah pasangan Prabowo-Gibran dengan 14,4 persen, diikuti oleh pasangan Anies-Muhaimin dengan 5,4 persen. Sebanyak 59,6 persen responden menyatakan tidak tahu.

Djayadi juga mengungkapkan bahwa berdasarkan survei, sebanyak 50,2 persen masyarakat yakin bahwa potensi kecurangan pada Pemilu 2024 sangat besar. 

Makin Panas, Habiburokhman dan Mahfud MD Saling Serang Soal Kasus Vina Cirebon, Jangan Adu Asumsi

Potensi kecurangan tersebut, menurut survei, berasal dari tiga pihak, yakni partai politik sebesar 17,1 persen, tim sukses capres dan cawapres 15,9 persen, serta penyelenggara pemilu 13,6 persen.

Metode pemilihan sampel dalam survei ini menggunakan random digit dialing (RDD) dengan melibatkan 1.426 responden. 

Halaman Selanjutnya
img_title