Menguak Jurus Jitu Kementan Dongkrak Ekspor Pertanian Indonesia

Kementan dongkrak pertanian Indonesia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kementerian Pertanian (Kementan) tengah berupaya keras mengurangi dampak ketergantungan impor, dan berusaha untuk meningkatkan ekspor produk dalam negeri. 

Kembali Terkuak, Pejabat Kementan Patungan Buat Bayar Gaji Pembantu SYL, Segini Nilainya

Hal itu disampaikan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam diskusi singkatnya yang digelar secara daring belum lama ini. 

Ia menegaskan, bahwa kinerja Kementan sangat penting untuk meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian.

Menguak Kekayaan Indira Chunda, Putri Eks Mentan SYL yang Beli Skincare dari Anggaran Kementan

Andi Amran menjelaskan, upaya peningkatan produksi dan produktivitas padi, dilakukan melalui peningkatan indeks pertanaman, diarahkan pada pemenuhan sarana produksi yang lengkap untuk mendukung pelaksanaan Good Agricultural Practices (GAP). 

"Hal ini dimulai dari pengolahan lahan, pemilihan benih berkualitas, pemupukan, pengelolaan OPT terpadu sampai pada panen dan pasca panen, memerlukan kualitas dan kuantitas SDM pertanian yang memadai sebagai pelaku utama dan pelaku pendukung," kata Mentan Amran.

Diguyur Dana Rp 4 Miliar Kota Depok Hadirkan Program Smart Farming Supian Suri Ungkap Keinginannya

Nah menindaklanjuti hal tersebut, Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) melalui Pusat Penyuluhan Pertanian (Pusluhtan).

Itu dilakukan dengan mengadakan pelatihan peningkatan kapasitas penyuluh yang dikemas dalam agenda Ngobrol Asyik (Ngobras) volume 48 dengan tema UPSUS peningkatan produksi padi dan jagung yang diadakan selama dua hari pada 05 - 06 Desember 2023 secara virtual di AOR BPPSDMP, Kementan.

Halaman Selanjutnya
img_title