Guru Besar UI Dukung Ribuan Mahasiswanya Geruduk DPR: Bukan Gerakan Politik

Ilustrasi mahasiswa UI demo DPR
Sumber :
  • Instagram @bemui

Siap – Ribuan mahasiswa dari Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat mulai bergerak menuju Gedung MPR/DPR, Jakarta pada Kamis, 22 Agustus 2024. 

Demo Kejari Pontianak, Mahasiswa Minta Rektor IAIN Pontianak Ditangkap

Dekan FISIP UI Prof, Semiarto Aji Purwanto menilai, aksi demo ini sebagai satu gerakan moral para mahasiswa untuk menanamkan rasa kritis sebagai calon intelektual muda. 

"Mungkin sekarang mereka sudah menjadi bagian dari intelektual. Mereka punya pendapat, mereka punya pandangan, dan ingin menyampaikan aspirasinya. Itu adalah bagian yang penting dari kehidupan berdemokrasi kita," katanya pada awak media.

Menteri Kader PDIP Kembali Kena 'Sikat' Jokowi, Pengamat: Bukan Kepentingan Negara

Lebih lanjut dirinya menegaskan, bahwa sikap mahasiswa atau aksi unjuk rasa ini adalah gerakan moral. Mereka ingin menyampaikan keresahan dan pandangannya dalam dunia politik saat ini.

"Jadi sekali lagi, ini bagian yang penting. Tapi juga sebenarnya bagian yang biasa saja dari konteks kehidupan berdemokrasi," tuturnya. 

Astaga, Ini Sederet Temuan Pansus Haji Soal Kisruh Penyelenggaraan Ibadah haji 2024, Ternyata...

Guru Besar UI itu juga sempat menyinggung tentang sikap DPR terkait putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal ambang batas usia calon kepala daerah.

Keputusan MK kembali disorot lantaran dianggap menguntungkan Kaesang, putra bungsu Presiden Jokowi.

Halaman Selanjutnya
img_title