Beda dengan Indonesia, Ternyata Kemerdekaan Malaysia 'Giveaway' dari Inggris?

Kemerdekaan Malaysia 'giveaway' dari Inggris?
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Setiap tanggal 31 Agustus, rakyat Malaysia merayakan kemerdekaannya dengan menyebut Hari Kebangsaan. Jika dilihat lebih seksama, kemerdekaan Malaysia berbeda dengan Indonesia.

Sisi Lain Amanda Rigby, Artis Muda yang Digosipkan Dekat dengan Andre Taulany, Inikah Agamanya

Kemerdekaan identik dengan perjuangan, pengorbanan bangsa, dan tumpah darah seperti halnya Indonesia. Untuk mencapai kemerdekaan dipenuhi dengan tumpah darah rakyat Indonesia dan perjuangan pahlawan yang gugur di medan perang.

Namun, proses kemerdekaan Indonesia dengan Malaysia sedikit berbeda karena bisa dikatakan Malaysia bisa merdeka dengan sangat mudah. Lantas, bagaimana negara Malaysia memperoleh kemerdekaannya?

Hubungan Indonesia-Malaysia Memanas, Taji Marinir Bikin Tentara Jiran Ciut Nyali

Dalam Hari Kebangsaan biasanya warga berkumpul dan sukan bersama

Photo :
  • Dok/Bernama

Setelah runtuhnya Kesultanan Melaka membuat selat Malaka diperebutkan oleh tiga pihak salah satunya Portugis. Sayangnya, pada tahun 1641 Belanda berhasil menyingkirkan Portugis.

Satgas Pamtas Gagalkan Penyelundupan Narkoba dan Pil Ekstasi Asal Malaysia

Lalu, pada tahun 1795 Belanda digusur oleh Inggris. Pada tahun 1810 perindustrian karet mampu mengubah ekonomi penduduk jazirah Malaya karena pertumbuhan industri karet ini mengakibatkan imigrasi kedua ke semenanjung Malaka (Jazirah Malaka).

Ada perbedaan yang terletak pada imigrasi pertama berasal dari orang-orang Tiongkok, sedangkan imigrasi kedua berasal dari India.

Halaman Selanjutnya
img_title