Insiden Penembakan Donald Trump, Pengaruhi Mata Uang Dollar dan Harga Emas Dunia

Insiden Penembakan Donald Trump
Sumber :
  • istimewa

SiapPenembakan Donald Trump pada akhir pekan kemarin diperkirakan akan memberikan dampak mata uang dolar dan harga emas dunia. Harga emas diprediksi dapat menembus level tertinggi sekitar USD2.500 per ons.

Soal Dugaan Gratifikasi Jet Pribadi Kaesang, Menkominfo Angkat Bicara: Enggak Ada Itu dari Temannya

Analis Pasar Uang, Ibrahim Assuaibi menerangkan hal itu, dalam analisisnya yang disampaikan ke media, Minggu 14/07/2024. Ia mengatakan, harga emas dunia diperkirakan  akan melampaui batas USD2.500 per ons tahun 2024 usai penembakan Donald Trump.

"Walau Trump masih selamat, peristiwa itu mengindikasikan perpolitikan di Amerika Serikat semakin panas. Situasi ini akan menguatkan mata uang dolar yang tadinya melemah dan ini akan berdampak pada aset save haven," kata Ibrahim.

Federico Bernardeschi: Di Italia Ngopi di Atas Jam 11 Bisa Masuk Penjara

Aset save haven adalah aset-aset yang aman ketika kondisi perekonomian dilanda tekanan. Antara lain seperti mata uang dolar dan emas.

"Para investor akan kembali melakukan pembelian jangka panjang terhadap aset-aset tersebut. Sehingga dolar kemungkinan akan berbalik menguat lagi dan  harga emas dunia akan naik," papar Ibrahim.

Keluarga Datangi Mabes Polri Tuntut Kematian Agustino di Usut Tuntas

Tercatat pada Sabtu 13/07/2024, harga emas dunia bertengger di level USD 2.411 per ons. Harga emas dunia cenderung naik signifikan lantaran dipengaruhi perang dagang antara Tiongkok dan Eropa. 

"Secara teknikal kalau harga emas bisa tembus di level USD2.489 maka harga emas bisa mencapai rekor tertingginya. Yaitu di level 2.550 dolar per ons," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title