Ditolak Masuk Sekolah Negeri Jalur PPDB, Kini Cyla Masuk SMPN 3 Depok

Atlet senam berprestasi asal Depok
Sumber :
  • Dok. Keluarga

Siap –  Perjalanan Cyla, seorang murid berprestasi, dalam mencari sekolah menengah pertama akhirnya membuahkan hasil manis. Atlet senam berprestasi asal Depok, Cyla (12) akhirnya mendapatkan kesempatan bersekolah, meski sempat dinyatakan tidak lolos dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2024 di SMP Negeri 3 Kota Depok.


Cyla yang dikenal dengan berbagai prestasi akademik dan non-akademiknya, mengalami kekecewaan mendalam ketika tidak berhasil lolos seleksi PPDB.

Meski demikian, ia tidak menyerah dan terus mencari kesempatan lain untuk melanjutkan pendidikannya di sekolah negeri yang diidam-idamkan.

“Ada rasa kecewa dan sedih saat tahu tidak lolos PPDB, tapi saya tidak mau menyerah begitu saja. Saya yakin masih ada jalan lain,” ujar Cyla dengan semangat.


Setelah pemberitaan di media massa dan viral di media sosial, SMP Negeri 3 Kota Depok akhirnya menerima Cyla sebagai peserta didik baru untuk tahun ajaran 2024/2025

Perwakilan sekolah meminta Kartika datang ke sekolah untuk menjelaskan permasalahan Cyla.

"Saat itu saya bertemu wakil bidang kurikulumnya langsung. Kami diterima dengan baik sih. Terus pada awal audiensi itu mereka jelaskan tuh proses PPDB-nya itu kenapa sampai Cyla awalnya tidak lolos," kata Kartika , Rabu (3/7/2024).

Pihak sekolah awalnya menjelaskan, tidak diterimanya Cyla, lantaran cabor senam yang digelutinya tidak memiliki kompetisi berjenjang lagi pada tingkat SMP dan SMA.

Terutama untuk kompetisi yang berada di bawah naungan Kemendikbudristek.

Dengan alasan itu lah, Cyla tidak dilirik meski memiliki poin sertifikat tertinggi dalam PPDB 2024 jalur prestasi di SMP Negeri 3 Depok.

"Namun, sekolah akhirnya kembali meminta penjelasan dari kami orang tua, apakah Cyla memang punya keinginan yang kuat untuk bersekolah di SMP Negeri 3, dan saya jawab Cyla memang sangat ingin sekolah di sana, terlepas dari konsekuensi yang nanti muncul," paparnya.

20 Tahun Dipimpin PKS Depok Banyak Keluhan, PKB Yakin SS Mampu Bawa Perubahan