Jelang Hari Raya Idul Adha 2024, Wakil Wali Kota Depok Imam Budi Sidak Penjual Hewan Kurban

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono Sidak Penjual Hewan Kurban
Sumber :
  • Istimewa

Siap –  Jelang Hari Raya Idul Adha 2024 Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, gencar melakukan pemeriksaan kesehatan hewan kurban, pemeriksaan dilakukan di 11 Kecamatan salah satunya di Rumah Potong Hewan (RPH) Lembu Mulyo, di Jalan Raya Tapos, Kota Depok, Sabtu (15/06) siang.

Wakil Walikota Depok, Imam Budi Hartono mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan sejak hewan-hewan kurban tersebut tiba di Kota Depok, selain kesehatannya diperiksa juga jaminan kehalalannya untuk dikonsumsi, pemeriksaan dilakukan bekerjasama dengan Kementerian Pertanian serta Mahasiswa Kedokteran IPB.

"Melakukan keliling dengan SDM yang kami miliki bekerjasama dengan Deptan (Kementan), kerjasama dengan IPB, mahasiswa-mahasiswa kedokteran hewan IPB, itu juga mereka turun untuk bisa memeriksa keaehatan hewan dan terjamin supaya layak untuk dijadikan kurban", jelas Imam kepada wartawan, Sabtu (15/06) siang.

Transaksi Hewan Kurban di Depok Mencapai Rp 286 Miliar pada Iduladha 2024, Imam Budi: Berkah



Kepala DKP3 Kota Depok, Widyati Riyandani menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa kondisi fisik hewan, tidak terdapat cacat, pemeriksaan kaki serta hidung dan mulut yang harus bersih.

"Yang diperiksa pertama kondisi fisik, tubuh istilahnya berdiri tegap, tidak ada cacat, kemudian fisik lainnya mata bersih jernih, hidung juga bersih", ujar Widyanti, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Perikanan dan Pertanian Kota Depok, Sabtu (15/06) siang.

Meski terdapat sejumlah hewan yang mengalami pilek dan flu yang disebabkan perjalanan jauh hingga tiba di Kota Depok, namun petugas tidak menemukan penyakit PMK dan antraks pada hewan kurban.

Pemeriksaan pun telah dilakukan sejak H-10 Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, saat sebanyak 25.246 hewan kurban yang terdiri dari 10.031 sapi, 10.937 kambing, 4.273 domba dan 5 kerbau, telah diperiksa kesehatannya.

3000 Umat Islam di Depok Gelar Shalat Idul Adha di Depan Gereja Betel Indonesia