Kominfo Dorong Pencinta Gim Daring ke Arah Positif Lewat Literasi Digital

Sosialisasi Kominfo
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Seiring dengan perkembangan teknologi, game online atau gim daring semakin populer kalangan di masyarakat khususnya para remaja. Hal ini tentunya memiliki sisi negatif dan positif bagi para pencinta permainan modern ini.

Viral Pengendara Motor Bonceng Pocong Kena Tilang Elektronik, Fakta atau Hoaks?

Dosen Informatika Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati, Bandung, Cecep Nurul Alam, mengatakan pada umumnya rata-rata waktu yang dihabiskan seseorang untuk bermain gim daring dalam sehari mencapai 4 jam. 

Ia juga menyampaikan, jika Indonesia termasuk ke dalam 10 negara dengan pemain video gim terbanyak di dunia. Alasannya pun beragam, mulai dari aksesibilitas, koneksi sosial, ketertarikan pada teknologi, hiburan, kompetisi dan prestasi. 

Bukan Kominfo, Ternyata Kemenag yang Usul Azan Magrib 'Running Text' Saat Misa

"Game online sudah menjadi budaya modern," ungkap Cecep Nurul Alam, saat memberikan literasi kepada masyarakat melalui program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Kamis, 16 Mei 2024. 

Sosialisasi Kominfo

Photo :
  • Istimewa
Cek Harga dan Spesifikasi HP VIVO Y51A September 2024

Bahkan saat ini, gim daring dapat menjadi prestasi bagi para pemainnya melalui olahraga elektronik atau e-sport. Bentuknya, bisa dalam kompetisi, kejuaraan, turnamen yang mirip dengan olahraga fisik pada umumnya.

Para pemain nantinya akan berkompetisi dalam berbagai permainan tersebut baik secara individu maupun dalam sebuah tim, dengan tujuan untuk mencapai prestasi tertinggi dan memenangkan hadiah. 

Halaman Selanjutnya
img_title