Dukung Swasembada Pangan, Kementan Maksimalkan Potensi Lahan Rawa

Kementan soal swasembada pangan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) kembali memanfaatkan dan mengembangkan lahan rawa sebagai alternatif peningkatan produksi padi.

Saksi Bongkar Borok SYL, Gunakan Anggaran Kementan untuk Kepentingan Keluarga

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman tersebut merupakan salah satu upaya untuk mendukung swasembada pangan di Indonesia.

Menurutnya, salah satu program untuk mencapai swasembada pangan dapat dilakukan melalui optimalisasi lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan.

Ketika Rumah Dinas Digeledah KPK, SYL Sempat WA Firli Bahuri: Ini Isi WA-Nya

"Tentunya program ini perlu melibatkan dukungan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh, dan petani muda," kata Mentan Amran dikutip pada Selasa, 19 Maret 2024.

Terkait hal itu, Kementan melalui peran BPPSDMP menyelenggarakan kegiatan focus group discussion (FGD) Agribisnis di Lahan Rawa Berbasis Pertanian Modern.

Didukung Kementan, Petani Tanah Laut Panen Raya Padi di Lahan Rawa

Kemudian melakukan kunjungan lapang yang melibatkan stakeholder dari lembaga penelitian, lembaga pendidikan, dan pakar mekanisasi pertanian lahan rawa.

Digelar selama 2 hari, kegiatan pertama dilaksanakan di Aula SMK-PP Negeri Banjarbaru, Kalimantan Selatan, pada Kamis 14 Maret 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title