Bidik Swasembada Pangan, Kementan Dorong Pemanfaatan Lahan Rawa

Kementan targetkan swasembada pangan
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), kembali memanfaatkan dan mengembangkan lahan rawa sebagai alternatif peningkatan produksi pangan utamanya padi.

Kembali Terkuak, Pejabat Kementan Patungan Buat Bayar Gaji Pembantu SYL, Segini Nilainya

Program yang dicanangkan oleh Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman tersebut, merupakan salah satu upaya untuk mendukung swasembada pangan di Indonesia.

"Salah satu program untuk mencapai swasembada pangan dapat dilakukan melalui optimalisasi lahan rawa dalam peningkatan produksi pangan, tentunya program ini perlu melibatkan dukungan berbagai pihak mulai dari pemerintah daerah, penyuluh, dan petani muda," sebut Amran dikutip pada Jumat, 8 Maret 2024.

Menguak Kekayaan Indira Chunda, Putri Eks Mentan SYL yang Beli Skincare dari Anggaran Kementan

Oleh karena itu, kata dia, Kementan melalui peran  BPPSDMP, terus mengupayakan berbagai usaha, demi mensukseskan optimalisasi lahan rawa. Sementara itu, Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan, krisis pangan ini menyebabkan hukum ekonomi berlaku, dimana permintaan pangan tinggi sedangkan stok sedikit.

"Karena itulah kami melakukan upaya khusus peningkatan produksi padi dan jagung, salah satunya di Kalimantan Selatan," katanya.

Bukan Sembarang Biduan, Ini Profil Nayunda Pedangdut yang Disawer SYL Rp100 Juta

Adapun upaya itu di antaranya melakukan penyuluhan atau sosialisasi di SMK-PP Negeri Banjarbaru. 

Kegiatan ini diawali pertemuan dengan perwakilan dari beberapa Unit Pelaksana Teknis (UPT) yang ada di Kalimantan Selatan, diantaranya BBPP Binuang, BSIP Kalsel, BSIP Lahan Rawa Kalsel, dan SMKPP Negeri Banjarbaru.

Halaman Selanjutnya
img_title