3 Mahasiswa UI 'Sulap' Air Laut Jadi Energi Pengganti BBM, Dijamin Ramah Lingkungan

Tiga mahasiswa Fakultas Teknik UI penggagas Green Hydrogen
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Tiga mahasiswa Univesitas Indonesia (UI) berhasil menemukan inovasi yang cukup mengejutkan terkait energi terbarukan yang dihasilkan dari air laut. Seperti apa temuannya? Simak ulasan berikut ini. 

Pastikan Datang Penuhi Panggilan Polisi, Hasto Imbau Kader PDIP Tetap Tenang

Adalah Shady Haura Fathin, Ghina Athahillah Said Kamilah Rozanov, dan Muhammad Daffa Al-Rasyid, tiga mahasiswa UI Fakultas Teknik angkatan 2022 yang menggagas ide bahan bakar ramah lingkungan tersebut.  

Solusi alternatif untuk bahan bakar bernama Green Hydrogen ini bermula dari rasa penasaran mereka untuk mengikuti lomba yang diselenggarakan oleh Society of Petroleum Engineers (SPE) ITS Java Section pada tahun 2023, lalu.  

Dipolisikan Gegara Bongkar Dugaan Pemilu Curang, Hasto: Pasti Ada Orderan

"Nah waktu itu kita tuh kebetulan ikut kita masih kuliah tahun pertama dan iseng nyobain lomba. Waktu itu ada lomba di ITS. Terus kita cobain nih ikut kompetisi," katanya saat dikonfirmasi siap.viva.co.id pada Rabu, 7 Februari 2024.

Haura dan kedua temannya itu sempat pesimis, lantaran mereka sadar belum punya pengalaman untuk ikut berkompetisi. Terlebih, mereka adalah mahasiswa baru.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

"Inikan benar-benar baru pertama kali lomba, jadi agak nekat. Terus waktu itu kita itu dikasih tema, kalau nggak salah pokoknya berkaitan dengan net-zero emission pada tahun 2050," jelasnya. 

Berbekal tekad yang kuat, ketiga mahasiswa FTUI itu kemudian mulai mencari referensi dari sejumlah jurnal ilmiah. 

Halaman Selanjutnya
img_title