TPN Ganjar-Mahfud Usul Debat Libatkan Penonton

BMI totalitas dukung Ganjar-Mahfud MD
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Direktur Eksekutif Direktorat Komunikasi Informasi dan Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Tomi Aryanto mengusulkan pada sesi debat yang digelar KPU menggunakan format town hall atau melibatkan penonton.

Respon PAN Soal PKS Deklarasi Anies-Sohibul, Ini Anak Muda Boleh Lah Mas Kaesang

Menurutnya, hal tersebut dinilai bisa lebih efektif menguji visi-misi atau ide gagasan setiap paslon presiden dan wakil presiden.

"Kenapa kami usul format yang memberikan kesempatan untuk audiens berinteraksi? Supaya ada yang menjadi buah pikiran dari calon-calon (pemimpin) ini juga diuji di tempat," kata Tomo saat konferensi pers di Jakarta, Rabu, 6 Desember 2023.

Sentil Kemunduran Demokrasi di Indonesia, Guru Besar UI Sebut Hukum Jadi Alat Politik Penguasa

Tomi mengatakan, masyarakat harus tahu isi pikiran setiap paslon dengan sebaik mungkin. 

Karena itu, kata Tomi, Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus menggunakan format town hall dibanding format podium seperti yang diterapkan pada Pilpres 2019 lalu.

PAN Optimis bakal Dapat 6 Kursi Menteri Kabinet Prabowo

"Jangan sampai pas kita uji paslon dengan visi-misi, ternyata disusun oleh timnya sendiri, dia tidak tahu. Atau mungkin dia malah tidak pernah baca atau sebenarnya tidak peduli dengan itu. Nah, itu yang tidak kita inginkan," katanya.

Seperti diketahui, KPU telah menetapkan ada lima sesi debat tiga pasangan calon selama masa kampanye Pilpres 2024 yang berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024.

Halaman Selanjutnya
img_title