Puluhan Mahasiswa Gunadarma Terjerat Pinjol Usai Ditipu Teman Sendiri, Begini Modusnya

Daftar para korban penipuan diduga mahasiswa Gunadarma
Sumber :

Siap – Sejumlah mahasiswa Universitas Gunadarma mengaku jadi korban pinjaman online (pinjol) usai diduga ditipu rekan sekampus. Total kerugian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. 

Wujudkan Swasembada Energi, DEM Indonesia Gelar Launching Periode dan Diskusi Publik Energi Nasional

Adapun modusnya, terduga pelaku yang diketahui berinisial IM ini meminjam data pribadi para korban dengan iming-iming mendapat dana dari kampus atau bisnis melalui platform digital.

Farikh, salah satu korban mengatakan, dirinya sempat percaya lantaran IM merupakan teman sekelas, dan mahasiswa yang dikenal cukup berprestasi di lingkungan kampus. 

Puluhan Mahasiswa Desak Polisi Usut Tuntas Kasus Cabul DPRD Depok, Ini 3 Tuntutannya

"Iya saya ngasih (data) karena percaya. Dia (IM) bisa dibilang salah satu mahasiswa berprestasilah. Dia dulu sering bantu saya ngerjain soal kuliah, akhirnya saya tanpa pamrih bantu dia," katanya saat dikonformasi di kawasan Depok pada Sabtu, 26 Oktober 2024. 

Namun nahas, ternyata niat baik Farikh dimanfaatkan IM untuk mencairkan dana pinjol. Modusnya, kerjasama dengan platform digital. 

5 Tuntutan Mahasiswa Demo Disdik Kalbar, Minta Rita Hastarita Turun dari Jabatanya

"Jadi modusnya tuh dia ngaku ada projek, terus butuh data baru untuk survei. Dia kan dulu teman saya, jadi saya bantuin. Saya download, saya bikin akun terus saya ajukan limit pinjaman Rp 2 juta-an," jelasnya.

Kala itu, IM berjanji akan membayar cicilan pinjol tiap bulannya. Tapi ternyata, sampai batas waktu yang ditentukan hal itu tak dipenuhi. Alhasil, Farikh terpaksa menutupi tagihan kredit tersebut. 

Halaman Selanjutnya
img_title