Lakukan Perencanaan Keuangan dan Miliki Asuransi Kesehatan untuk Hadapi Inflasi Medis

Financial Consultant & Brand Ambassador Sequis Donna Agnesia
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Kenaikan biaya perawatan medis tengah menjadi perhatian banyak pihak termasuk masyarakat. Hal ini mengingat biaya perawatan kesehatan sebelum terjadi inflasi telah menjadi beban finansial mereka. 

Konsumsi 7 Buah Ini Bikin Daya Tubuh Meningkat Saat Musim Hujan

Survei Willis Tower Watson menyebutkan bahwa inflasi biaya medis global pada tahun 2023 dari 7,4 persen naik menjadi 10,7 persen. Sedangkan di Indonesia mencapai 11,5 persen dan bisa meningkat hingga 12,74 persen pada 2024.

Financial Consultant & Brand Ambassador Sequis Donna Agnesia menyarankan masyarakat meminimalisir risiko menanggung biaya kesehatan dengan disiplin melakukan perencanaan keuangan.

Ada Virus Baru, WHO Minta Semua Negara Waspada

Saat menerima gaji, bonus, atau pendapatan lain, jangan langsung gesek untuk belanja, tetapi sisihkan setidaknya 50 persen hingga 70 persen untuk kebutuhan pokok termasuk cicilan, utang, dan asuransi kesehatan. Kemudian sekitar 10 persen untuk dana darurat.

"Asuransi kesehatan masuk dalam perencanaan keuangan karena risiko sakit tidak dapat ditebak kapan akan terjadi. Apalagi, jika didiagnosa penyakit kritis akan butuh biaya yang sangat besar dengan masa pengobatan yang panjang. Ditambah kenaikan inflasi medis maka kita harus membuat prioritas pengeluaran. Pengelolaan keuangan menjadi suatu keharusan," kata Donna seperti dikutip di Jakarta, Sabtu, 10 Agustus 2024.

Bentuk Kepedulian Masyarakat, FKG UI Edukasi Kesehatan di Kampung Ilmu Purwakarta

Menurut Donna dengan memiliki asuransi kesehatan maka saat terjadi risiko sakit pada anggota keluarga, tidak perlu khawatir dani tabungan pribadi tetap aman karena biaya pengobatan dapat ditanggung melalui klaim asuransi kesehatan.

Head of Health Strategic Business Unit Sequis Mitchell Nathaniel mengatakan bahwa Sequis mengerti bahwa masyarakat mengharapkan adanya perlindungan kesehatan dengan harga terjangkau yang bisa memberikan rasa tenang dan nyaman saat menjalani proses perawatan. Untuk itu, Sequis menghadirkan Sequis Q Infinite MedCare Shield Rider (IMC Shield).

Halaman Selanjutnya
img_title