Mau Tahu Isi Pidato Pertama Bung Karno Usai Proklamasi Kemerdekaan? Simak di Sini!

Pidato Bung Karno
Sumber :
  • Dok/ANRI

Siap – Pada tanggal 23 Agustus 1945, untuk pertama kalinya Presiden Republik Indonesia Sukarno berpidato yang disiarkan ke seluruh Indonesia. Pidato tersebut merupakan juga pidato pertama Bung Karno usai proklamasi kemerdekaan. Menariknya, pidato Bung Karno disiarkan oleh Radio Republik Indonesia (RRI).

Hubungan Indonesia-Malaysia Memanas, Taji Marinir Bikin Tentara Jiran Ciut Nyali

Bung Karno menyampaikan banyak hal terkait situasi republik yang belum stabil sehingga rakyat Indonesia perlu menjaga persatuan dan perdamaian.

“Kami katakan, memang tak mudah untuk tinggal tenang dan tenteram, tetapi toch kami minta dengan keras : tinggallah tenang dan tenteram ! Berhati-hatilah dengan mempertjapkapkan kabar-kabar bohong dan omong kosong jang mengatjaukan fikiran orang,” katanya.

Merinding, Begini Suasana Detik-detik Proklamasi Berkumandang di Jalanan Depok

Presiden Sukarno juga dalam pidatonya mengungkapkan perlunya dibentuk beberapa institusi sebagai penyokong pemerintahan Indonesia sebagai negara yang merdeka. 

Dalam ini perlunya lembaga seperti Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP) dan Tentara Keamanan Rakyat (TLR).

Detik-detik Kemerdekaan Indonesia, Presiden Depok dan Kaum 12 Marga Gundah Gulana

“Karena itu saja mengharap kepada kamu sekalian hai pradjurit-pradjuritbekas Peta, Heiho dan Pelaut besertapemuda-pemuda lain untuk sementara waktu masuklah dan bekerdjalah dalam badan keamanan rakjat. Pertjajalah, nanti akan datang saatnja kamu dipanggil untuk mendjadi pradjurit dalam tentara kebangsaan indonesia,” tegas Sukarno.

Pidato Bung Karno

Photo :
  • Istimewa
Halaman Selanjutnya
img_title