Sejarah Bendera Merah Putih Yang Berkibar Setiap 17 Agustus, Siapa Pembuatnya?

Bendera Merah Putih
Sumber :
  • Pixabay

Siap – Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu di peringati setiap tanggal 17 Agustus. Upacara Hari Kemerdekaan RI ke-79 akan jatuh pada Sabtu 17 Agustus 2024. Upacara pengibaran bendera merah putih akan dilaksanakan di Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur.

Menyemarakan HUT RI ke-79, Warga Pontianak Gelar Jalan Santai

Semarak menyambut Hari Kemerdekaan RI ini pun sudah terlihat di sejumlah daerah di Indonesia. Untuk menghormati Hari Kemerdekaan RI ini setiap warga diwajibkan memasang bendera merah putih. Dan ada juga memasang umbul-umbul .

Yuk simak ulasan mendalam siapa pembuat Sang Saka Merah Putih secara mendalam seperti artikel berikut ini.

Gebyar HUT RI ke-79, Parade Jalan Sehat dan Budaya Perum Sentral Sitara

Melansir dari laman Wikipedia Indonesia pada Selasa, 13 Agustus 2024, Sang Saka Merah Putih julukan kehormatan terhadap bendera Merah Putih negara Indonesia.

Pada mulanya sebutan ini ditujukan untuk Bendera Pusaka, bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jalan Pegangsaan Timur 65, Jakarta, saat Proklamasi. Namun selanjutnya dalam penggunaan umum, Sang Sangka Merah Putih ditujukan kepada setiap bendera Merah Putih yang di kibarkan dalam setiap upacara negara.

Kadek Arel Pimpin Tim U-20 Indonesia Gelar Upacara HUT RI ke-79 di Stadion Madya

Bendera pusaka dibuat oleh Ibu Fatmawati, istri Presiden Soekarno, pada tahun 1944. Bendera berbahan katun Jepang (ada juga yang menyebutkan bahan bendera tersebut adalah kain wool dari London) yang diperoleh dari seorang Jepang.

Bahan ini memang pada saat itu digunakan khusus untuk membuat bendera-bendera negara di dunia (karena terkenal dengan keawetannya) yang berukuran 274 x 196 cm. Sejak tahun 1946 sampai dengan 1968, bendera tersebut hanya dikibarkan pada setiap hari ulang tahun kemerdekaan RI.

Halaman Selanjutnya
img_title