Akhirnya Terima Tawaran Kelola Izin Tambang, DPR Ingatkan Muhammadiyah: Hati-hati

Ilustrasi tambang batubara
Sumber :
  • Istimewa

Siap – PP Muhammadiyah akhirnya menerima tawaran izin pengelolaan tambang dari pemerintah. Tak ayal keputusan tersebut menuai sorotan dari parlemen.

Tiga Calon Naturalisasi Timnas Indonesia Hampir Final, Siapa Saja?

Wakil Ketua Komisi VII DPR Eddy Soeparno mengingatkan PP Muhammadiyah untuk hati-hati dalam implementasi izin tambang tersebut.

"Sejak awal di Komisi VII DPR RI saya selalu sampaikan pentingnya prinsip kehati-hatian dalam mengelola izin tambang dari pemerintah,” kata Eddy seperti dikutip di Jakarta, Senin, 29 Juli 2024.

Rieke Pasang Badan, Terdakwa Kasus Landak I Nyoman Sukena Auto Bebas dari Penjara

Menurut Eddy, selama ini usaha pertambangan batubara erat dikaitkan dengan kerusakan lingkungan dan emisi karbon. Apalagi ada potensi pelanggaran hukum baik dari sisi korupsi dan suap yang bisa terjadi. 

Eddy menilai, sikap kehati-hatian Muhammadiyah mesti dibarengi dengan profesionalitas akan membawa manfaat untuk umat.

Astaga, Ini Sederet Temuan Pansus Haji Soal Kisruh Penyelenggaraan Ibadah haji 2024, Ternyata...

"Kami berharap Muhammadiyah dapat menunjukkan kepada publik bahwa pengelolaan usaha tambang batu bara mereka kelak dilakukan secara bertanggung jawab dan patuh pada kaidah-kaidah pelestarian lingkungan," kata Eddy yang juga merupakan Sekjen Partai Amanat Nasional (PAN).

Komisi VII DPR RI pun siap mendampingi untuk memastikan Muhammadiyah memilih mitra yang tepat dalam menjalin kerjasama untuk mengelola tambang tersebut.

Halaman Selanjutnya
img_title