Gelar Aksi Protes, Warga Buang Sampah di Depan DPRD dan Kantor Bupati Sintang

Warga Gelar Aksi Protes Buang Sampah di depan Kantor Bupati Sintang
Sumber :
  • Tangkapan layar You Tube

Siap – Sejumlah warga menggelar aksi protes membuang sampah menggunakan sejumlah mobil dump truck di depan kantor Bupati Sintang dan di depan kantor DPRD Sintang, Kalimantan Barat, pada Senin, 23 Juli 2024.

Parah! PDAM Tirta Khatuslistiwa Pontianak Tak Berdaya Tangani Suplai Air Macet

Aksi protes ini diduga buntut karena Pemda Kabupaten Sintang tidak mampu mengelola sampah dengan baik sehingga membuat sampah menumpuk di sejumlah titik di Sintang.

Dari video yang beredar di media sosial terlihat ada dua unit dump truck membongkar sampah di depan Kantor Bupati Sintang dan satu unit dump truck lagi di bongkar di kantor DPRD Sintang.

Polemik Bagi Hasil Plasma, Ini Kata Kadis Disbuntanak Kalbar

‘’Dimana-mana kalau kita lihat sekarang sampah menumpuk, baik dari danau kelam dan dari Pinoh. Sama sekali belum ada solusi dari pemerintah. Dan sampah yang kami buang di depan kantor Bupati Sintang sebagai bentuk protes,’’kata warga seperti dikutip dari You Tube Bang Yai pada Selasa, 23 Juli 2024.

Sementara itu, warga lainya mengatakan, Pemerintah lempar tanggungjawab, di lain sisi warga diminta taat membuang sampah pada tempatnya, tapi faktanya sejak 2021 TPS yang ada di tutup warga lantaran TPS tidak di urus sampah menumpuk dimana-mana, lantas terjadi pencemaran.

Viral, Polisi Evakuasi Warga Sakit Terjang Banjir Bandang di Landak

‘’Jadi warga sekitar dan warga pemilik tanah menutup Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Sehingga munculah tempat pembuangan sampah dimana-mana,’’katanya.

‘’Kalau nanti Pemda Sintang tidak mampu mengurus sampah, maka sampah yang ada akan kami angkut ke rumah bupati sampai ke kamar-kamarnya,’’ungkapnya.