Selamat Tinggal, SMAN 5 Surabaya Sudah Tak Gunakan Jurusan IPA, IPS dan Bahasa, Tapi ...

Foto Edukasi
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Rencananya kurikulum pendidikan tingkat Sekolah Menengah Atas akan dihapuskan dari jurusan IPA, IPS dan Bahasa tetapi masih mengalami kendala sudah dari 3 tahun terakhir menurut Waka Kurikulum SMAN 5 Surabaya Ari Damari. 

Kasus Bullying di SMA Binus Simprug, Korban Mengaku Dianiaya dan Dilecehkan Anak Pejabat

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan meniadakan jurusan IPA, IPS, dan Bahasa di SMA. Peniadaan ini menjadi bagian dari penerapan Kurikulum Merdeka.

Ternyata SMAN 5 Surabaya telah menerapkan Kurikulum Merdeka sejak tahun ajaran 2022/2023. Siswa kelas X masih mendapatkan semua mata pelajaran (Mapel), lalu kelas XI dan XII sudah tidak ada penjurusan IPA, IPS, dan Bahasa.

Usai Hasil Surveinya Melejit Supian Suri Kantongi Dukungan Warga Kampung Belor: Jangan Pula Jumawa

Waka Kurikulum SMAN 5 Surabaya Ari Damari mengatakan pada penerapan Kurikulum Merdeka yang telah dijalankan pada tahun ketiga ini juga mengalami kendala.

Seperti siswa yang asal memilih mata pelajaran pilihan atau ikut-ikutan teman dan tanpa mempertimbangkan pada masa depannya saat mau mendaftar ke perguruan tinggi.

Geger Seorang Pria Tanpa Identitas Ditemukan Tak Bernyawa di Sebuah Selokan Jalan Tanjung Priok

"Kendalanya dengan anak itu bebas milih sak karepe dewe (semaunya sendiri). Itu juga ada efek jeleknya juga ke perguruan tinggi yang harusnya linier," kata Ari pada Kamis 18 Juli 2024. 

Mengetahui kendala itu, pihak sekolah memberikan pengarahan kepada siswa sejak kelas X melihat dari minat dan bakatnya. Siswa pun diwanti-wanti tidak salah pilih mata pelajaran.

Halaman Selanjutnya
img_title