Menguak Catatan Sejarah Keberadaan Suku Kalang, Misteri Manusia Berekor

Suku Kalang.
Sumber :
  • https://javaprivatetour.com/

Siap – Seperti dikutip dari catatan sejarah dalam artikel Claude Guillot, rekaman pertama seputar Suku Kalang ditemukan tertulis dalam prasasti yang berasal dari tahun 804 sampai dengan 943 masehi.

Kuliner Khas Bali Ini Ternyata Warisan Kerajaan Majapahit

Salah satunya berupa ketentuan kawasan bebas pajak (Sima) atau ketua kelompok (Tuha Kalang). Tulisan prasasti itu ditafsirkan Zoetmulder bahwa Suku Kalang terdiri dari golongan yang berprofesi sebagai tukang.

Nama Suku Kalang juga ditemukan dalam Prasasti Tambang tahun 1358 yakni pada Majapahit pada masa Raja Hayam Wuruk. Adanya tugas jasa transportasi dari kalangan Suku Kalang. 

Bikin Merinding! Menguak Suku Kalang, Mitos Manusia Berekor

Laporan Suku Kalang muncul lagi pada abad ke-17 yaitu ketika Sultan Agung mengeluarkan kebijakan di Mataram. Kebijakan tersebut membuat Suku Kalang meninggalkan kebiasaan hidup nomaden sehingga mulai belajar hidup menetap pada tahun 1663.

Catatan terkait Suku Kalang pada masa Belanda muncul pertama tahun 1675. Laporan itu mengungkapkan keberadaan Suku Kalang di wilayah Rembang dan Pati yang bekerja sebagai penebang pohon.

Catatan Hitam STIP: Bahtera Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Karam Akibat Salah Nakhoda

Suku Kalang.

Photo :
  • Istimewa

Catatan yang lebih jelas soal Suku Kalang dalam buku Speelman tahun 1678. Ia menggambarkan Suku Kalang yang bekerja menebang dan mengangkut kayu serta membuat gorab dan kapal perang.

Halaman Selanjutnya
img_title