Bikin Merinding! Menguak Suku Kalang, Mitos Manusia Berekor

Suku Kalang.
Sumber :
  • Istimewa

Siap – Penemuan makam Suku Kalang atau Wong Kalang di Desa Gondang, Kecamatan Pace, Kabupaten Nganjuk, Jawa Timur beberapa waktu lalu, kembali membuka misteri keberadaan kelompok yang disebut sebagai salah satu suku asli orang Jawa tersebut.

Breaking News! Gempa Mengguncang Pacitan, Gimana Kondisi Kampung Halaman SBY?

Kepala Seksi Sejarah, Museum, dan Kepurbakalaan Disparporabud Nganjuk Amin Fuadi membenarkan hal itu jika dilihat dari peninggalan dan karakter makamnya.

Lantas, siapakah wong Kalang itu? Merujuk ke sejumlah sumber dan sejarawan Suku Kalang diyakini sebagai subsuku Jawa yang hidup ribuan tahun silam. 

Indentitas Pemeran Video Asusila di Hutan Pacitan Terungkap, Ngakunya Buat Koleksi Pribadi

Bagi orang Jawa, suku Kalang sebenarnya cukup banyak diceritakan. Bahkan manusia dari suku Kalang disebut memiliki ekor kecil. 

Dianggap suku yang aneh dan misterius namun mempunyai kemampuan daya linuwih diatas rata-rata suku lain. Suku Kalang dikenal ulet, rajin dan memiliki kekayaan berlimpah.

Heboh, Anak Selebgram Asal Malang Disiksa Pengasuhnya Sendiri, Begini Kronologinya

Keberadaan Suku kalang mengalami pasang surut sejak jaman Belanda dan raja-raja di Jawa. Diduga anak turunanya sekarang berada di Kotagede, Jogjakarta. 

Suku Kalang memiliki kultur kebudayaan berbeda dari masyarakat Jawa umumnya walau dari warna kulit, cara berpakaian, dan bahasa memiliki kemiripan dengan etnis Jawa. 

Halaman Selanjutnya
img_title