Kuliner Khas Bali Ini Ternyata Warisan Kerajaan Majapahit

Ayam betutu.
Sumber :
  • Dok/baliprov.go.id

SiapBali tidak saja terkenal dengan keindahan alam dan pesona budaya, tapi juga makanan tradisional yang enak dan lezat. Salah satu kuliner khas Bali yang layak dicoba yakni ayam betutu. Olahan ayam yang satu ini memang selalu menggoyang lidah siapa saja yang menyantapnya.

Miris, Gegara Bongkar dugaan Perselingkuhan Sang Suami di Medsos, Istri TNI Malah Ditangkap

Ayam betutu diolah dengan bumbu rempah yang kaya aroma seperti daun jeruk, serai, daun salam, kunyit, jahe, bawang merah, kemiri, dan rempah-rempah lainnya.

Ayam betutu termasuk salah satu kuliner yang selalu diburu para wisatawan saat beranjangsana ke Pulau Dewata.

Ini Dia Kuliner Favorit Masyarakat Indonesia Ketika Lebaran

Berdasarkan ulasan I Made Purna dan Kadek Dwikayana dalam Betutu Bali, Menuju Kuliner Diplomasi Budaya Indonesia (2018), betutu berasal dari kata be yang berarti daging atau ikan dan tutu dari kata tunu yang berarti dibakar atau dipanggang.

Dari arti etimologis tersebut dapat dijelaskan bahwa ayam betutu dimasak atau dipanggang bersama bumbu lengkap yang biasa disebut genep atau jangkep.

Lima Nama Kuliner Aneh Indonesia, Nomor 1 dan 5 Bikin Ngakak

Sebagaimana arti namanya, ayam yang dimasak betutu disajikan utuh dengan dipanggang. Sebelumnya, base genep yang sudah dihaluskan dibalur ke seluruh permukaan ayam hingga ke bagian rongga dalamnya.

Ayam betutu.

Photo :
  • Dok/baliprov.go.id
Halaman Selanjutnya
img_title