Kisah Habib Idrus Bikin Puluhan Bodyguard Rentenir di Depok Kocar Kacir

Eks Ketua FPI Depok, Habib Idrus lawan rentenir
Sumber :
  • siap.viva.co.id

Siap – Keberadaan rentenir atau yang kerap disebut lintah darat kian menjamur di Kota Depok, Jawa Barat. Ironisnya lagi, tak sedikit pula warga yang terjebak.

Jelang Pilkada, Hardiono Dicopot dari Ketua NasDem Depok, Ini Sosok Penggantinya

Hal itu diungkapkan oleh mantan Ketua FPI Depok, Habib Idrus Al Gadri. Ia mengatakan, selama beberapa tahun terakhir ini saja, sudah ada sebanyak 28 laporan terkait rentenir. 

Rata-rata, korbannya yang mengadu pada Habib Idrus merupakan warga Kampung Lio, dan Beji.

Bukan Kaleng-kaleng, Ini Profil Koboi yang Memimpin Pencarian Abah Suta Jawara Garut

"Kalau yang pernah saya tangani itu ada 28 kasus. Korbannya ada yang dari Beji ada juga dari Kampung Lio, banyaklah. Nah yang baru saya selesaikan itu 7 kasus," katanya saat dikonfirmasi siap.viva.co.id pada Kamis, 11 Januari 2024. 

Menurut Habib Idrus, modus pelaku rentenir beragam, namun yang jelas, mereka mematok bunga dengan jumlah yang fantastis, dan itu secara sepihak.

Waduh Tersisa 2 Hari Lagi Batas Waktu Abah Suta Penantang Hercules Belum Mucul Terancam Bui

"Jadi utangnya si korban ini tahu-tahu udah membengkak. Nah kalau nggak bisa balikin, mereka ngancam sita rumah," tuturnya. 

Ulama yang bermukim di kawasan Kampung Lio itu mengatakan, alasan dirinya membela para korban rentenir karena dorongan hati. Hal itu dilandasi dengan aturan hukum dalam Islam.

Halaman Selanjutnya
img_title