Survei Elektabilitas Terkini: Prabowo-Gibran Unggul, Ganjar-Mahfud Perlu Perkasa di Jawa Barat

Kolase foto
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Lembaga Ide Cipta Research and Consulting (ICRC) baru saja merilis hasil survei elektabilitas pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk Pemilu 2024 pada Desember 2023.

PDIP Jalin Komunikasi dengan Cak Imin Bahas Pilkada : Kami Cari Kesepakatan

 Menariknya, paslon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, memimpin dengan capaian 39,4 persen, sementara paslon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, berada di urutan kedua dengan 29,1 persen.

Situasi semakin menarik dengan perbandingan suara di Provinsi Jawa Barat, di mana Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, menyoroti pentingnya Ganjar-Mahfud untuk memperbesar perolehan suara. 

Puan Sebut PDIP Berpeluang Usung Kadernya di Pilgub Jakarta, Figur Ini Masih Dipertimbangkan

Dengan raihan suara di Provinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mencapai 55,9 persen, Ganjar-Mahfud diharapkan bisa melangkah lebih jauh di putaran kedua.

Hadi Suprapto Rusli optimis bahwa jika Ganjar berhasil memanfaatkan potensinya di Jawa Barat, itu bisa menjadi langkah besar menuju putaran kedua Pilpres 2024. 

Begini Jawaban Surya Paloh Soal NasDem akan Mengusung Sahroni atau Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Data survei ICRC periode Desember 2023 menunjukkan kemungkinan Pilpres 2024 akan dilaksanakan dalam dua putaran, memberikan keberlanjutan dan ketegangan politik.

Perlu dicatat bahwa survei ini melibatkan 1.230 responden dengan metode penarikan sampel Stratified Random Sampling. Dengan margin of error ±2,79 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen, survei ini memberikan gambaran yang kuat tentang preferensi pemilih Indonesia. 

Halaman Selanjutnya
img_title