Debat Perdana Capres 2024: Agenda Penuh, Pertarungan Visi Misi hingga Penutupan

Potret ilustrasi kantor KPU RI
Sumber :
  • Istimewa

Siap –Debat perdana calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) untuk Pemilu 2024 akan digelar malam ini pukul 19.00 WIB di kantor KPU. 

Puan Sebut PDIP Berpeluang Usung Kadernya di Pilgub Jakarta, Figur Ini Masih Dipertimbangkan

Dengan durasi total 150 menit, debat ini membagi agenda ke dalam enam segmen, mencakup isu pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari menjelaskan rinciannya, termasuk adanya jeda iklan sekitar 5 menit di antara setiap segmen. Dalam segmen pertama, masing-masing capres akan memiliki waktu 4 menit untuk menyampaikan visi, misi, dan program kerja mereka. 

Begini Jawaban Surya Paloh Soal NasDem akan Mengusung Sahroni atau Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Segmen dua dan tiga akan mengeksplorasi lebih dalam dengan pertanyaan dari moderator, diikuti dengan jawaban dua menit dari setiap capres.

Segmen 4 dan 5 menjadi ajang tanya jawab dan interaksi antar capres, di mana masing-masing kandidat dapat saling menanggapi dengan batasan waktu. Hasyim Asy'ari menegaskan.

Fiks, PKS Resmi Usung Sohibul Iman di Pilgub Jakarta, Nasib Anies Baswedan?

"Calon lain menanggapinya 60 detik, berarti 1 menit." Segmen penutup, yaitu segmen 6, memberikan kesempatan terakhir bagi setiap capres untuk menyampaikan pernyataan penutup.

Sebanyak 11 panelis, telah dipilih untuk menyusun pertanyaan, mereka telah menandatangani pakta integritas, dan dikarantina sejak beberapa hari lalu untuk menjaga profesionalitas. 

Halaman Selanjutnya
img_title